Review oli Duron XL… Alus bener Bu!

Ceritanya beberapa hari yang lalu di forum Byonic cukup ramai membicarakan tentang oli Duron XL 15W-40. Saya jadi penasaran sendiri, kaya’ apa sih oli yang katanya bisa bekerja “heavy duty” ini? Akhirnya, berdasarkan link yang dipost disana, saya menghubungi juragan IMMAX, seller oli yang cukup terkenal di Kaskus. Oli ini emang lumayan mahal. 1 liternya dibanderol Rp. 120.000. (Wow! Bisa dapet 3 botol Yamalube! Bisa dapet 3 pasang kaos kaki Mundo yang bagus banget juga :P). Tapi menurut klaim pabriknya, oli ini bisa bertahan sampe 60.000km. Sadis! Klo begini ceritanya, bisa-bisa sekali beli motor cuma 1x ganti oli. Lha wong rata-rata jarak tempuh saya sebulan ga nyampe 1.500km. Juragan IMMAX sendiri bilang klo oli ini bisa tahan sampe 1 tahun. Cukup masuk akal & masuk kantong juga ngeluarin 120ribu setahun sekali. Oke lah klo begitu. Bungkus! 

Paket Duron XL yang sampenya super cepat ala Juragan IMMAX

Sekilas tentang Duron XL, oli ini keluaran pabrikan Petro Canada. Oli Duron sendiri sebenernya bukan oli motor, tapi oli mobil, mesin diesel, serta kendaraan yang biasa melakukan “kerja berat”. Tapi entah kenapa banyak yang merekomendasikan oli ini untuk dipakai di motor 4T & matic (sempet kepikiran juga, walah… oli traktor kok dipake buat motor? :D). Sellernya sendiri mengatakan klo untuk pemakaian harian, oli ini jauh lebih baik dari Motul Ester 5100 yang terkenal itu. Varian Duron sendiri ada juga yang tipe Duron-E XL. Lebih ramah lingkungan. Katanya sih limbahnya bisa dibuang ke tanah gitu aja. Harganya pun selisih 50ribu lebih mahal. Klo saya sih ga perlu lah yang begituan. Mending yang biasa aja. Toh ganti olinya di bengkel juga. Cuma bayar 5ribu udah terima beres. Ga belepotan, & ga repot mikirin limbahnya mo dibuang kemana.

Tampak belakang

Balik lagi ke seputar icip-icip Duron XL. Karena penasaran banget, pulang kerja langsung cari bengkel buat pasang nih oli. Begitu dituang, warna oli ini terlihat lebih gelap dari Yamalube, mirip-mirip lah sama Top1. Setelah instalasi, diemin dulu sebentar biar blending, baru tancap gas. Opini saya, klo perbandingannya dengan oli standar, yang ini bikin akselarasinya jadi lebih smooth.  Lebih galak atau ngganya saya ngga ngerti, soalnya ga berani ngebut-ngebut. Tapi perbedaan yang paling signifikan terasa di getaran & suara mesin. Setelah pakai oli ini suara mesin jadi JAUH lebih halus & getarannya minim banget. Alus bener Bu!

Keunggulan Duron XL sebenernya adalah kemampuannya untuk kerja berat, artinya oli ini cocok untuk suhu yang ekstrim. Tau sendiri klo udah Stop & Go di Jakarta, suara mesin langsung merang-raung kaya’ topeng monyet, ngambek. Mudah-mudahan klo pake yang ini ngga ngambek lagi. Selain itu katanya umur pemakaiannya jauh lebih lama. Seller sendiri mengklaim klo setelah 6 bulan bisa dicek, dijamin warnanya masih seperti baru. Walah… Ini oli apa sabun cuci??? Kaya’ iklan aja :mrgreen:. Klo yang ini, biarlah waktu yang menjawab. Ok masbro, segitu dulu ya.

Si Vijay lagi nangkring nunggu dikuras perutnya

Siap-siap mabok duren, eh... Duron

 

49 thoughts on “Review oli Duron XL… Alus bener Bu!

  1. PERTAMAXX,
    pernah ditawari juga oli kyak gitu klo gaksalah fuchs ato apalah,yang jelas tulisan label dan kemasan pke arab gundul jadi gak tau artinya apa katanya malah tahan 5 tahun untuk 2 tak dan 2 tahun buat 4 tak
    SALAM KARET BUNDAR™

  2. speknya oli utk byson bukan seharusnya 10w 40 ya? kalau 15 artinya lebih kental olinya, apa sanggup untuk menyelip diantara celah2 mesin yang rapat2 itu bro?

    omong2 dulu kalo di honda, kalau pakai oli diluar oli yang disarankan garansi mesinnya hangus lho, kalau di yamaha enggak ya?

    • Speknya emang 10W40. Sanggup ngga sanggupnya sih saya kurang paham. Cuma setelah 3 hari dicoba emang signifikan banget perbedaannya. Getaran, suara, & tarikannya beda jauh banget sama yamalube. Yang ini beneran ngacir. Biasanya masuk ke RPM 6000 udah mulai ngeden. Semenjak ganti, dibawa lebih dari 6000 masih loss.

      Entah lah klo hangus masbro. Soalnya kan servis gratis ke 2 dst udah ngga dapet oli gratis lagi. Jadi ngga perlu ganti oli. Emang bisa ketauan ya klo speknya beda?

  3. dulunya saya setia dengan Oli Top 1 pada tunggangan tapi awal 2009 ada teman jumpa oli Top1 palsu hingga piston macet jadi takut dan beraliih ke standard pabrikan aja,, begitu juga sipaIJO..
    Klo tinggal di daerah seperti Saya Pake Oli Mahal Ibaratnya pake Narkoba Bro,, ketersediaan barang tidak bisa dipastikan, kalo beli Online jatuhnya bisa 2x lipat lebih harganya(+ Ongkir)

    *halah malah curhat..xixixi

    PISS..

    • hehehe… iya ya mas. Ongkir ke tempat masbro pasti mahal tuh. Mungkin klo mo beli oli mahal harus sekaligus banyak kli ya? Nyetok dulu biar ongkirnya murah & klo perlu mendadak nyarinya gampang 🙂

  4. Wah… Oli nya traktor… Berarti olinya engine diesel.
    Not recomend banget bro..
    1. Kadar basa tinggi(untuk diesel oil),emang si awet olinya kalau dipake di engine bensin/gasoline,tapi basa g bagus buat aluminium(corosif jika basa),sedangkan engine motor..terbuat dri campuran aluminium kan?
    2. diesel oil buat alat berat,itu kan murni oli engine, sedangkan motor kan oli engine&transmisinya jadi satu.. Beda aplikasi kan?
    Dari segi bahan additif jelas Engine oil murni tidak ada aditif buat antislip kopling..
    gimana? Masih suka diesel oil?
    Maaf,bukan sok tau,sekedar share,salam kenal aris othonx.
    http://www.othonx.mywapblog.com

    • Thank you infonya bro, justru saya ngga tau klo corosif. Soalnya dipakenya enak banget. Udah dipake 600km, akselarasinya mantab banget. Dibejek sampe 7000rpm masih enak. Padahal klo pake Yamalube lewat dari 6000rpm udah geter banget & suaranya kasar.

  5. bener ga brot ?? kudu pake pretamax dulu ya? klo pake preminum pan bensinnya jelek(kotor, bau, ngerusak cat,dll) -> oli jadi cepet kotor, rusak, dll

    motor2 yg masih pake air-cooler alias AC alam otomatis suhu mesinnya pasti akan lebih panas drpd yg udah pake radiator kan ? 😆 klo panas otomatis oli akan cepet rusak, nguap.. rusak bisa berarti kotor(item) ga kentel/lengket lagi shg daya lumasnya berkurang..

    ini oli Duren ane blon pernah nyobain krn. motor ane udah ga baru lagi alias mayan tua (42rb km) n yg pasti harganya paling mahal diantara segala jenis olie yg dijual di jakarta 😳

    ane tunggu progressnya bro.. tolong cek klo udah >1500 km warna olinya masih bening kyk masih baru atw ga ? klo masih bening kyk baru ane siap beli dah.. 😳 thank’s

  6. ini oli Duren ane blon pernah nyobain krn. motor ane udah ga baru lagi alias mayan tua (42rb km) n yg pasti harganya paling mahal diantara segala jenis olie yg dijual di jakarta 😳

    ane tunggu progressnya bro.. minta tolong cek klo udah >1500 km warna olinya masih bening kyk masih baru atw ga ? klo masih bening kyk baru ane siap beli dah.. 😳 thank’s

    • Maaf komennya masuk ke spam Om Willy. Saya ganti oli ni di km 1500, sampe sekarang pemakaian baru 1000km, belum sempet dicek sih. Rencananya nanti mau dicek di servis ke-2 (4000km), mungkin baru bulan depan.

      • Thank u so much my bro 😀 , kbtulan motor sy udah waktunya ganti oli nich udah >1500 km 😆

        btw yg sy tau masih jarang yg berani coba alias beli pake ini oli Duron termasuk sy 😳

        sebenernya pengen pake juga klo emang bener = janji promonya.. tapi motor ane termasuk udah tua n blom pernah carbon cleaning sama sekali.. paling pake Engine Flush , Nano Energizer 😉

  7. Bro angga@
    Oli ap aj yg bgs wat kebo biar maknyus n mesin g cpt panas.
    Tp jgn yg terlalu mahal,maklum bnyk tanggungan.hehe mahal,maklum bnyk tanggungan.hehe

    • Klo buat kebo, saya baru coba Yamalube & Duron bro. So far puas banget pake Duron, biar mahal tapi long lasting, bisa sampe 60ribu km (klaim produsen) dengan ketentuan ganti filter oli setiap 10ribu km (klaim seller).

      Perhitungan saya, klo 1ltr Yamalube seharga 40ribu buat 5000km / kurang lebih sekitar 4 bulan klo berdasarkan rata2 jarak tempuh saya, klo pake Duron minimal paling cepat saya ganti oli setiap 1 tahun (klo mau disamain dengan harga Yamalube). Sedangkan 1 tahun itu jarak tempuh saya baru 15ribu km. Jadi jauh lebih hemat

      Tapi klo mau yang lebih murah tapi kualitasnya lumayan mungkin bisa pake Shell (AX7 klo ga salah tipenya), banyak temen yang pake buat motor 4tak lain & katanya sih ok. Klo waktu di Mio saya suka pake Top1 Action, suaranya enak, ngga sekasar Yamalube. Tarikannya yahud, harganya juga lumayan murah, cuma beberapa ribu lebih mahal dari Yamalube.

      • oli merk apa aja asal sesuai spek motor dan ASLI ! kalau gue selama ini makai oli TOTAL HI-PERF 20w-50 motor ane ZR bro,,, selama ini gak ada masalah soalnya ada toko oli besar di daerah saya yg jd distributor resminya total bro…

  8. Gak bohong.
    Aku pengguna duron uda 17rb Km, aku pake di motor honda supra x125 bukannya makin drop tp malah makin enak.
    Barusan aja tgl 21 juli 2011 tu motor aku pake ke bali, bener2 buat nyalip2 enak bgt tarikannya.
    Sumpah gak bohong, awalnya juga ragu kayak kalian smua tp uda aku buktikan kok.
    Thx..
    Aku jual oli duron kalo minat hub aja 085730312120

    • tapi ada sedikit kendala bro akhir2 ini. Di RPM 5000-6000 frictionnya lumayan kerasa. Klo saya cari2 infonya sih itu biasa terjadi klo pake oli mineral/semi-sintetik.

      Secara performance sih ngga ada masalah sama sekali. Malah saya bilang nyaris sempurna. Buat macet2an pun ngga bikin suara mesin jadi beringas. Cuma suaranya agak mengganggu aja klo lagi naik dari 5000 ke 6000. Rencananya mau coba full sintetik. Pengen tau suaranya bisa ilang apa ngga. Tapi nunggu 5000km dlu deh. Sayang, olinya mahal :mrgreen:

  9. broth.. bener gak tuchh!? owe makin penasaran.. ada ide ga, oli yg dibawahnya duron? ane bingung nih.. ane pake oli Evalube paling murah cuma rp.20rb
    tapi udah 1000Km udah item 😥

    katanya Motul Ester 3100 lumayan bagus yah ? ada ide ga kira2 oli yg 50rb an yg bagus (tahan lama ga cepet item, ga cepet nguap, bikin suara mesin alus) apa ? thank’s 😳

    • bukannya klo item itu malah bagus ya bro, artinya si oli bener-bener mengikat kotoran yg ada di mesin. Klo oli harga 50ribuan rata2 sama aja sih, semi sintetik & umur pakai sekitar 2000km. Klo yg ga cepet nguap saya kurang paham yg bagus apa, cuma klo mau suara mesin lebih harus coba aja pake yg kekentalannya sedikit lebih tinggi. Misalnya biasa pake 10w40, coba sekali2 pake yg 15w40. Biasanya suara mesin cenderung sedikit lebih halus karena oli lebih kental, jadi gesekan mesin ngga terlalu signifikan. Cuma efeknya tarikan juga jadi lebih berat.

  10. oli duron itu oli full syntetic bro… karakternya seperti itu dibuat 15w40 tp mampu menyelinap di bagian mesin, karena dibuat dr hydrocracked murni, penyilangan tahap murni seperti air, oli jenis ini bisa di aplikasikan mana saja bro, mau diesel, bensin, heavy duty sama saja, itulah untungnya full syntetic, karena dibuat dengan kimiawi jd mudah diaplikasikan, tp jika diliat kemasannya ada ko JASO MB nya, API SM mungkin lebih tinggi,…

  11. Pingback: [REVIEW] 5000 km bersama Petro Canada Duron-XL « SPACE? Romantic

  12. Waduh sy jd pngin pke jg ni oli duron,tp kok utk duron e-xl hrg ny brvarisi ? Ada yg 170 rbu ada yg 130 rbu,sy jd tkut ttg keaslian oli ini,sy tinggal di aceh,bgmn cara pmsanan oli ni ya,tlng ksh pncrahan

  13. Ada juga nih Oli jarang yang jarang kesebut tapi sering banget dipake ama mekanik balap.

    dan ternyata oli ini produksi dalam negri dan harganya gak jauh dri Enduro Racing 4T.

    PICOLI 10w-40 API SL, ni oli ajaib gan. dipake 2 bulan warnanya masih tetep sama, cuma agak sdikit tua warnanya(gak item).

    ntah knapa oli ini jarang kesebut dikalangan Blogger otomotif.

  14. wah..kebo ane juga pake nih oli, ganti pertama di km5rb, pas km20rb di refill lagi ( dikluarin+disaring, dibuang setengah liter ditambahin yang baru setengah liter lagi ), sampe skrg udah buat jalan ke sawarna, gn.bunder, serang, puncak masih oke 😀

  15. Duron petro-canada emang oli dewa gan. Saya punya teman pake duron xl 5 tahun ga ganti oli gan, ampe buku servisnya aja masih utuh. 5 tahun ga pernah servis, buka busi apalagi buka mesin. bahkan setting klep gas ajha ga pernah gan. Motornya kalo dipake kayak masih baru. tarikannya juga oke. interval duron emang panjang banget gan bisa sampai 80.000 KM.
    Dan ini oli ga cuma perkara drain interval doang, tapi ke performa dan akselerasi pun mantap.

    Kisah lain: sempat ada orang dengan radiator mobil rusak dan dia pakai oli duron ini untuk bolak balik jogja-surabaya. mesinnya ga rontok. aman gan, percaya ga percaya. tapi orang yang ngalamin ini langsung cerita sama ane.

    Kalo soal garansi, sesuai standard API (American Petroleum Institute) terbaru yang menetapkan bahwa oli harus bisa kasih garansi terhadap ketahanan mesin. Jadi seandainya ente pake oli yang bukan oli dari dealer resmi pun, ga perlu takut kalau garansi ilang, karena petro canada juga kasi garansi untuk kerusakan mesin kendaraan kita.
    Importirnya Indonesia Milenium Perdana ada di jakarta. ga perlu takut tiba2 hilang importirnya karena yang pake oli ini sudah perusahaan2 besar di Indonesia seperti Coca-cola, Ultra Jaya, Samsung, Sari Husada dan masih banyak yang lain gan. hehehe.

  16. Gan wkt beli oli duron didlm tutupnya ada segelnya lg ga?
    Soalnya pas ane beli cuma tutupnya doang yg besegel tp ddlm tutupnya gk ada, ya smacem stiker almunium gitu

  17. Motor saya pakai oli repsol 4t sintetico suara mesin lebih halus dibanding pakai oli merk lain yg ada ( sdh coba macam2 merk ) akhirnya coba oli repsol 4t sintetico 10w-40, terasa bedanya….sekarang saya sedang membeli oli duron E-XL mau coba seperti apa performance oli tsb pada motor NVL.

  18. pakai olie ini type E-XL di byson 2011, oli gratisan dari service pertama beres langsung di buang ganti pake oli ini.
    total sudah > 4thn dan 38.000 Km blm pernah ganti oli,cukup refill aja jika sudah berkurang.
    saat ini sdh habis 1,3 ltr utk refill, terhitung murah jika pakai oli biasa ganti tiap 2000km.
    bagian mesin yg berhubungan dgn oli tidak ada masalah , kampas kopling aja masih utuh kayak baru.padahal motor beban pakai ban besar dan full Box.
    cukup perhatikan filter oli saja, ganti tiap 10.000 Km
    saat ini 3 motor di rumah pakai Duron semua,
    total pemakaian Duron dan belum ganti oli:
    Byson=38.000 Km
    beat=6000 Km
    Supra=9000 Km
    lagi nabung beli duron buat mobil.

  19. anda mencari oli petrocanada? kami menjual segala macam oli petrocanada.
    minat hubungi WA 087831311240
    atau kunjungi online shop kami yang sudah terpercaya di tokopedia dan bukalapak atas naman toko sudi jaya abadi.
    terima kasih.

Leave a comment