Indikator bensin Byson ngaco, solusinya apa ya?

Masbro semua, mungkin ini masalah klasik dari Yamaha Byson. Tapi berhubung saya belum nemu solusinya jadi saya share disini aja. Udah hampir sebulan ini si Vijay terasa boros banget. Diisi 6 liter, baru 3-4 hari udah kedip2 lagi. Padahal jarak tempuh saya dalam sehari cuma sekitar 30km (klo weekend 2x lipat). Akhirnya saya coba mengukur konsumsinya.

Kurang lebih seminggu yang lalu saya isi full tangkinya. Kalau kapasitas tangki 12 liter, dengan asumsi 1 liter = 35km, harusnya bensin baru habis saat jarak tempuh mencapai 420km. Atau dengan kondisi amat sangat buruk (macet, dsb), saya asumsikan 1 liter = 30km, berarti harusnya mampu digenjot sampe 360km (minimal). Seminggu berlalu ternyata indikator bensin udah kedip2 (bar indikator udah ngga ada, tinggal gambar fuel pumpnya aja yang kedip-kedip), padahal trip meter baru menunjukkan angka 302.9km.

Penasaran, saya intip ke tangkinya. Ternyata isinya masih sekitar 30%an. Jauh dari kosong. Klo begini berarti bukan mesinnya yang boros, tapi indikator bensinnya yang ble’eh. Kira-kira solusinya apa ya? Pernah baca, katanya klo kontak dinyalain jangan langsung distarter. Ini udah saya coba, tapi hasilnya tetap sama. Apa ada yang perlu diganti? Pelampungnya kah? Atau speedometernya? Klo masbro ada ide buat solusinya, boleh dong dishare disini. Thank you bro!

8 thoughts on “Indikator bensin Byson ngaco, solusinya apa ya?

    • tapi klo bensin masih banyak udah kedap kedip mah error bro. Sekarang malah baru jalan 150km udah tinggal 1 bar. Kacau bgt. Niatnya besok mo klaim ke bengkel.

  1. sama nih gan, c kebo ane jg kdang error, dr 1 bar naik jd 3 bar, kdang dr 3 bar langsung ngedip…
    errornya biasanya kl abis standar miring / standar tengah, kmungkinan dr plampung nya gan

    • kemaren tanya ke mekanik beres, katanya sih klo motornya pernah jatuh kemungkinan rusak dari sistem digital (speedometernya). Klo dari pelampung kemungkinannya kecil. Kebetulan motor saya pernah jatuh masbro.

  2. Numpang lewat gan ane baru pake byson, ane kaget juga mslh indikator bensin kedip2, ternyata dia maaih punya cadangan banyak, kalo masalah irit ane tiap isi slalu di riset ke nol isi 25 ribu ane pake 150-200km iritkan ya tergantung kebut2an ganya, cuma yg ane heran indikator full kan 6bar ane isi penuh cuma 5 bar malah kadang 3or4 bar padahal bensin full kenapa ya? N gmn ngatasinya thx…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s