Apa yang perlu ditulis di Cover Letter

Morning colleagues! Klo kita udah punya diri kita sendiri untuk dijual, and kita udah punya CV sebagai packaging yang bagus, selanjutnya yang ngga kalah penting adalah Cover Letter. Bisa dibilang Cover Letter ini adalah advertisingnya. Klo produk & kemasannya bagus tapi marketingnya buruk ya ngga bakal laku juga. So… kali ini saya mau bahas sedikit apa aja sih yang harus ditulis di dalam Cover Letter?

  1. Kita harus sebutkan dari mana kita dapet info lowongan tersebut. Karena ini menyangkut dengan image dari perusahaan itu sendiri. Seberapa dalam colleagues mengenal perusahaan tersebut.
  2. Kompetensi apa yang kita punya yang unik buat perusahaan. Artinya kompetensi apa yang kira-kira bisa jadi selling point kita yang inline dengan values mereka.
  3. Colleagues harus bisa ngeyakinin klo colleagues adalah kandidat terbaik yang mereka cari.
  4. Experience apa aja yang inline dengan posisi yang colleagues lamar.
  5. Apa achievement/success story yang bisa colleagues ceritakan selama pekerjaan sebelumnya.
  6. Aktifitas apa aja yang suka colleagues lakukan di luar pekerjaan. Tunjukkan klo colleagues orang yang aktif yang juga punya aktifitas lain di luar pekerjaan. Tentunya yang positif, dan jangan boong/dibuat-buat.
  7. Ceritakan tentang kualifikasi yang colleagues punya (karakter, pendidikan, kompetensi, relevant working experience) yang inline dengan value perusahaan dan spesifikasi jobnya. Misalnya: I have studied Accounting at the Kalang Kabut University for 4 (four) years and it has sharpened my talents. As you will see from my resume, I have spent four years as Accounting Staff in PT Carut Marut in Jakarta.
  8. Yang terakhir, tuliskan ekspektasi colleagues akan proses selanjutnya. Misalnya: I would be pleased to discuss about my qualification and working experiences in detail during the interview. If you have any question, please do not hesitate to call me. Thank you for considering my application.

Untuk sistematika penulisannya bisa colleagues sesuaikan dengan format CV colleagues, atau colleagues kemas sendiri sesuai dengan yang colleagues inginkan. Nah, sekarang udah lengkap kan? Udah punya CV yang ok, Cover Letternya juga udah ada. So… udah siap pindah kerja? Hehehe…

One thought on “Apa yang perlu ditulis di Cover Letter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s