Apa fungsi BATNA dalam negosiasi?

Happy Friday Colleagues! Sering kali kita dihadapkan pada situasi dimana kita harus bernegosiasi untuk mencari kesepakatan. Negosiasi bisa terjadi dalam banyak hal, misalnya negosiasi gaji saat rekrutmen, atau negosiasi dengan Serikat Pekerja (SP). Secara terminologi, negosiasi adalah sebagai berikut:

Negosiasi adalah suatu proses komunikasi antara dua orang atau lebih di mana kedua pihak mempertimbangkan alternatif untuk mencapai solusi yang disepakati bersama yang bermanfaat bagi para pihak (CHRP Atma Jaya, 2013).

Di dalam negosiasi ada 4 elemen kunci, yaitu:

  • BATNA (best alternative to a negotiated agreement)
  • Reservation price
  • ZOPA (zone of possible agreement)
  • Value creation through trades

Saya akan bahas sedikit soal BATNA. Fungsi dari BATNA adalah mencari alternatif terbaik terhadap suatu kesepakatan. Jadi sebelum bernegosiasi kita harus tahu dulu BATNA kita apa, maksudnya kita harus tahu apa yang perlu kita lakukan, dan konsekuensinya apa bila gagal mencapai kesepakatan.

Apabila kita akan bernegosiasi, kita harus mampu untuk menganalisis BATNA kita sendiri dan perkiraan BATNA pihak lawan secara realistis/ mendekati akurat. Kalau kita tidak mampu menganalisa BATNA dengan baik, maka bisa berdampak pada kekalahan negosiasi atau kegagalan dalam mencapai kesepakatan.

One thought on “Apa fungsi BATNA dalam negosiasi?

Leave a comment