[REVIEW] 5000 km bersama Petro Canada Duron-XL

Mungkin sebagian dari masbro pernah membaca artikel saya sebelumnya disini tentang impresi pertama saya menggunakan oli Petro Canada Duron-XL. Basicly, menggunakan oli ini quite fun, terutama buat masbro yang sehari-harinya harus menghadapi kemacetan ibu kota seperti saya.  Setelah mencapai 5000 km, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti oli ini (nanti saya jelaskan kenapa). Tapi berikut impresi saya mengenai oli ini setelah 5000 km, dengan kondisi oli tidak pernah dikeluarkan untuk disaring:

  • (+) Oli ini tidak cepat panas, jadi amat sangat cocok untuk menghadapi kondisi jalan macet seperti Jakarta. Macet-macetan lebih dari sejam pun ngga bikin mesin jadi bawel. Ini benefit utama yang paling saya rasakan, mungkin karena spesifikasinya yang 15w40.
  • (+) Akselarasi yang dihasilkan memang ngga secepat oli 10w40, tapi suara mesin benar-benar halus.
  • (-) Setelah melewati 3000 km, timbul friction diantara RPM 5000 – 6000 di gigi 1 – 3. Tapi hilang begitu masuk gigi 4 atau saat melebihi 6000 RPM. Setau saya ini hanya terjadi di oli yang ngga full synthetic, & Duron-XL bukan full synthetic, cuma synthetic blend.
  • (-) Masuk ke 4000 km, akselarasi mulai terasa sangat berat & suara mesin berisik, cukup mengganggu.
  • (-) Klaim dari seller, “setelah 6 bulan bisa dicek, dijamin warnanya masih seperti baru” tidak berlaku bagi saya. Baru genap 5 bulan oli saya ganti karena mesin sudah berisik, dan warnanya hitam pekat.

Saya ngga bilang oli ini buruk, malah cenderung OK banget buat saya. Tapi, buat masbro yang menggunakan oli ini, terutama yang motornya masih menggunakan karburator, sebaiknya rajin-rajin menguras oli & menyaringnya setiap 2000 km, supaya karbon & partikel besinya ngga menumpuk di dalam dan bikin motor jadi berisik & berat. Hal ini ngga saya lakukan karena ngga punya peralatan yang memadai. Jadinya, daripada ribet, saya lebih milih ganti dengan oli lain setelah 5000 km. Sekarang saya pake Shell Advance AX7 (ga sanggup beli yang ultra :mrgreen:). Tadinya mau pake Motul Ester 5100 10w40, tapi udah cari kemana-mana adanya cuma yang 15w50. Ok segitu aja dulu masbro. Selamat beraktifitas!

12 thoughts on “[REVIEW] 5000 km bersama Petro Canada Duron-XL

  1. Shell Advance AX7 / Motul Ester 5100 bisa untuk matic g bro?
    Trus bedanya 10w40 dengan 15w50 apa yak??

    • AX7 / Motul Ester bisa buat matic kok bro, asal yg 0.8 liter. Klo beda 10w40 dgn 15w50 itu kadar kekentalan & resistensi terhadap panasnya. Klo ga salah, angka yg depan itu indikator kekentalannya, biasanya makin besar makin kental. Klo angka yg belakang itu resistensi suhunya. Makin besar makin tahan panas. Perbedaannya, klo makin encer tarikan makin enteng, tapi suara mesin lebih kasar. Klo makin kental tarikan makin berat, tapi suara mesin makin halus. Klo buat matic sih rata2 pakenya dari 10w40 s/d 20w40. Tergantung spek mesinnya.

      • tergantung spek mesin gmn maksudnya Bro?
        ane pke Yamaha Soul GT, ada rekomendasi ga oli yg bagus/cocok?
        sama perkiraan harganya… pengen nyoba ganti dari standar Yamaha (Yamalube).
        trus 1 lagi klo olinya dah pke yg bagus, BBnya harus pakai Pertamax/Pertamax Plus/campur Premium+Pertamax Plus?

        • Maksudnya, bisa dilihat di buku panduan motornya bro. Oli yang direkomendasikan yang seperti gimana. Klo matic Honda & Yamaha sih biasanya sih 10W40.

          Shell AX7 lumayan bagus bro. Saya pake itu. Harganya di kisaran 40an (klo beli di bengkel pinggir jalan) sampe 50an (klo beli di pom bensin shell). Ganti olinya per 1500-2000 km klo mau tarikannya tetep enak, jangan lebih. Motul Ester 5100 juga bagus, tapi lumayan mahal (2xnya AX7). Klo ada budget sih silahkan. Tapi klo budgetnya mepet sebaiknya ga usah. Soalnya klo oli itu bagusnya jangan sering gonta-ganti merk.

          Bensin sih ngga ada korelasi ke oli bro. Pemilihan bensin tergantung dari tingkat kompresi motornya. Pengaruh dari gonta-ganti bensin paling cuma ke tarikan, konsumsi, sama sisa karbon di ruang bakar. Cuma klo udah injeksi macem Soul GT sih sebaiknya pake yg tanpa timbal, walaupun pake premium sebenernya ngga masalah juga. Biar lebih awet aja mesinnya.

          • Wah mantab banget informasinya, jelas & detail…
            OK makasih banyak bro buat info & masukannya😉

  2. Makasih bro ud mw share pengalaman pke duron.

    Saya jga pke bro, kira2 ud 4500km yg saya rasain mesin jd halus, akselarasi cpt, getaran mesin minim & mesin jd cpt dingin. Tp itu cman smpe 3000an km aj
    Yg saya rasain skrng akselarasi tidak sperti awal2 menggunakan, getaran jga lbh terasa pd hal saya cek oli msh bgs klo di lihat dr warna nya.
    Menurut bro angga lbh rekomend yg mna duron atau motul ester

    Kira2 umur pke oli motul ester brp km ya

  3. Buat yang pake duron terus di kilometer 3ribu-5ribu mengalami kendala, itu ente make duron di motor dengan KM berapa? Duron punya semacam fungsi detergen yang memersihkan sulfur2 di dalem mesin gan soalnya. Kalo kondisi oli pas dibuka ga seperti baru lagi, ya berarti emang fungsi detergennya itu bekerja dengan baik gan.

    kalo biasa pake oli merk lain trus pake duron, nanti sulfur gara2 oli lama itu yang bakal dibersihin sama duron. nah penumpukkan sulfur yang sudah dibersihin itu yang mungkin ga bikin masalah sama motor ente. coba setelah dipake beberapa KM pake duron, ente ganti oli dengan duron lagi. masalahnya MUNGKIN bisa teratasi. Soalnya tergantung seberapa parah penumpukkan sulfur yang ada di mesin ente gan,

  4. Pake oli duron tarikannya berat banget gan,, Oia waktu peke itu oli didalam tutupnya ada segel nya lagi gk, soalnya wkt ane pas mo pake duron kok tutup olinya doang yg ada segelnya, tapi ddlm tutupnya gk ada segelnya, gk kaya oli2 lain ddlm tutup olinya pst ada segelnya

  5. Terima kasih atas review nya..
    Sekedar meluruskan, mungkin ada interupsi percakapan saat di jelaskan seller ato mis persepsi

    (-) Klaim dari seller, “setelah 6 bulan bisa dicek, dijamin warnanya masih seperti baru” tidak berlaku bagi saya. Baru genap 5 bulan oli saya ganti karena mesin sudah berisik, dan warnanya hitam pekat.

    Yg dimaksud bersih seperti baru bukan oli nya, tapi dalaman mesinnya.

    Oli duron mempunyai unsur detergensi yg baik, krn di rancang untuk antisipasi solar yg kotor sifatnya.
    Oli yg kotor setelah d pakai membuktikan bekerja membersihkan dalaman mesin dgn efektif

    Analogi nya demikian
    Coba cuci sebuah baju kotor dgn deterjen merk A, stlh di rendam dan kucek, baju akan bersih dan air detergen pasti kotor( kotoran dr baju terlepas dr melekat ke baju)
    Sebalik nya coba detergen B yg kurang bgs kualitasnya, niscaya baju gk sebersih detergen A, air detergen B jg pasti tdk sekotor air detergen A

    Terima kasih telah mereview
    D

Leave a Reply

