Bagus dan mengecewakan dari BECK Live Action

Mungkin diantara masbro sekalian ada yang suka baca manga (baca: komik Jepang) dari Beck, tentang sebuah group band anak muda yang “struggling” untuk bisa terkenal. Kebetulan saya sempat mengikuti komik ini dari awal sampai tamat. Ceritanya cukup menginspirasikan saya yang kebetulan waktu itu lagi getol main band juga. Komik ini sempat dibuatkan versi serial animenya (kartun). Walaupun ngga sepanjang komiknya tapi cerita versi anime ini terbilang cukup baik. Ga banyak komik/anime yang menceritakan tentang kehidupan anak band. Dari yang sedikit itu pun bisa dibilang Beck-lah yang terbaik. Bahkan OST (Original Soundtrack) dari anime ini bisa dibilang sangat-sangat bagus dan dibawakan oleh band2 punk/rock alternative Jepang yang cukup terkenal seperti BEAT CRUSADERS, HUSKING BEE, & TROPICAL GORILLA.

Nah, tahun lalu, serial & komik yang cukup sukses ini dibuat versi live actionnya. Dibintangi oleh aktor2 muda yang sudah cukup terkenal di dunia perfilman dorama (baca: drama) Jepang. Ada kekhawatiran pada saat film ini akan dibuat. Biasa lah, umumnya kan komik/anime yang dibuat live actionnya ga akan bisa sebagus versi aslinya. Tapi setelah saya tonton kemarin (maaf saya nonton dari DVD bajakan), overall penggambaran karakter tokohnya cukup baik. Lumayan mirip lah. Bahkan liarnya permainan musik mereka benar2 bisa divisualisasikan dengan baik (terutama permainan bass Taira yang mirip Flea-nya RHCP & vokal rapnya Chiba).

 

Pemeran

  • Tanaka Yukio (Koyuki), Vocal/Guitar ~ Takeru Sato. Saya ngga terlalu familiar dengan pemeran tokoh Koyuki ini. Tapi seingat saya dia main di serial Kamen Rider Den-O yang ditayangkan di Trans7 setiap hari Minggu jam 9 pagi.
  • Minami Ryuusuke (Ray), Guitar ~ Mizushima Hiro. Aktor ini cukup terkenal. Saya pernah lihat dia tampil di Gokusen 2, Brother Beat, HanaKimi, & Mei-chan no Shitsuji.
  • Chiba, Vocal ~ Kiritani Kenta. Aktor ini pernah membintangi film Rookies & Crows Zero 1-2.
  • Taira, Bass ~ Osamu Mukai. Aktor ini pernah membintangi dorama Mei-chan no Shitsuji & Nodame Cantabile.
  • Saku, Drum ~ Aoi Nakamura. Aktor ini pernah membintangi dorama Perfect Blue & Paranormal Activity 2 versi Jepang.
  • Minami Maho ~ Shiori Kutsuna. Aktris ini pernah membintangi dorama Mei-chan no Shitsuji.

 

Story

Kisah utama dari versi live action ini menceritakan tentang perkenalan para tokoh hingga membentuk sebuah band bernama Beck, perjuangan mereka hingga menelurkan sebuah album, sampai berpartisipasi dalam sebuah acara musik bernama Greatful Sound (mirip2 sama Woodstock, klo disini mungkin kaya’ Soundrenalin). Ceritanya dikemas dengan cukup baik. Alur ceritanya pun tidak membosankan. Buat masbro yang suka musik (khususnya rock, apalagi pernah ngeband) dan belum pernah baca komik/nonton anime Beck, saya merekomendasikan untuk menonton film ini. Tapi buat penggemar Beck, siap2 aja buat kecewa. Kenapa? Penjelasannya dibawah ya.

 

Minusnya Beck Live Action

Apa aja yang mengecewakan dari film Beck Live Action ini versi saya?

  • Buat yang mengharapkan lagu Moon on the Water, Like a Foojin, Face, Slip Out, atau Spice of Live di film ini, mendingan ga usah nonton daripada kecewa. Karena, ngga satu pun lagu asli Beck yang dibawakan di film ini. Tapi sebagai gantinya, lagu yang dibawakan adalah lagu original dari Beck Live Action seperti Evolution, Moonbeams, & Looking Back yang menurut saya cukup lumayan. Segaris dengan jenis musik asli Beck. Disamping itu, film ini juga didukung oleh lagu Around The World dari RHCP dan Don’t Look Back in Anger dari OASIS.
  • Setiap lagu yang dinyanyikan oleh Koyuki selalu tanpa vocal. Ini adalah bagian yang paling mengecewakan. Memang Koyuki digambarkan sebagai anak lemah yang ternyata mempunyai suara emas. Entah pemerannya yang ngga bisa nyanyi, atau emang suara Koyuki terlalu bagus  untuk diperdengarkan. Padahal di serial animenya Koyuki tetap bernyanyi seperti biasa. Tapi di movie ini, setiap kali Koyuki nyanyi, pasti selalu diganti dengan suara orkestra. Orang nyanyi kok yang keluar suara biola??? Aneh! Benar2 minus besar dari film ini.

Di luar 2 kekurangan tadi di atas, film ini cukup bagus untuk ditonton. Overall… 6.5 out of 10 lah. Klo ga ada 2 kekurangan diatas (terutama yang no. 2) mungkin bisa jadi 8-9. Gitu aja review saya tentang film ini masbro. Sebagai penutup saya tampilkan cuplikan dari film Beck Live Action ini. Silahkan dikomentari.

23 thoughts on “Bagus dan mengecewakan dari BECK Live Action

  1. hahahaha, suaranya koyuki terlalu sakral bwt dibuat versi benerannya…
    Yang versi anime, vokal koyuki asik sih, cuma gak seheboh pencitraan di manga-nya :p

    Beli DVDnya dmn ngga?
    btw yang Evolution itu mantap kok…RATM style, riffnya simple tapi goyang lah…asik!!

    • Seharusnya ngga sesakral itu juga ror, kan kita udah denger suara Koyuki versi animenya, jadi bayangannya ga akan jauh2 dari situ lah. Padahal kan sebenernya bisa aja dipake suara vokal siapa gituh, lipsync aja, jangan suara orkestra. Yang EVOLUTION emang keren banget. Ga jauh beda sama lagu2nya BECK versi Anime. Padahal gw ngarepin lagu Moon on the Water & Slip Out dibawain lho.
      Kemaren beli di Poins Square. Udah banyak kok. Jangan2 lo beli bajakan juga ya?😛

      • di manga terlanjur digambarkan kalo vokalnya sgt spektakuler, gw membayangkan vokalis jepang kaya Ryuichi atw Koshi Inaba (B’z)
        tp waktu liat animenya, “lah, gini doang?” :p hahaha…gak jelek sih, gw suka malah..tapi ya gak seheboh itu juga wkwkwk

        justru itu ngga, gw blm nonton makanya mau cari bajakannya :p
        tp ngeliat klip di atas emang kentang gt gak pake vokal…

  2. waaa, kelamaan hidup di pedalaman sumatra jadi gak nyambung aama yang beginian Bro..
    Waktu masih di Jawa taunya kalo cuma serial Tokyo Love story aja di indosiar..
    Hehehehe.. Katrox nii..

    PISS..

    • hehehe… Tokyo Love Story udah lama banget masbro, klo ga salah sekitar 1993-1994 ya? Seinget saya pas film itu diputer saya masih kelas 5 SD😀

  3. @rori
    di poins square lantai LG toko paling depan deket lobby ror. Btw ada lagi keanehannya (gw baru nonton lg kemaren):
    1. ternyata yg jadi Beck anjing betina
    2. Rambut ryuusuke lurusnya bondingan
    3. jari kapalannya koyuki lebih mirip kena lem power glue
    Tapi ngga ngerusak essence filmnya kok kecuali koyuki sang vokalis bersuara biola itu😛

  4. satuju! gw jg kecewa sama ‘dubbing’ vokal koyuki.
    trus,si Beck juga gak ada bekas2 jahitan ‘mutilasi’ kayak d anime…wkwkwkw

    • malah ngga sepanjang animenya masbro. Klo animenya kan klo ga salah terakhir manggung di cafe di amrik. Yang ini cuma sampe Greatful Sound aja.

    • Iya 1 dvd. Movie masbro. Harusnya, tapi di versi movie ini semua lagu asli Beck di ganti dgn lagu yang bener2 baru. Misalnya, Moon on the Water diganti dengan Moon Beams, Slip Out diganti dengan Looking Back. Overall sih lebih enak musiknya, cuma buat yg udah terbiasa sama lagu2nya Beck pasti berasa ada yg ilang, soalnya pasti ngarep salah satu dari lagu original Beck ada yg dibawain.

  5. Akhirnya gw nonton…Kesan awal gw semenjak gw liat trailernya, musiknya asik! Favorit gw Evolution, yg bergaya funk-rock-rap ala RATM campur RHCP…yang gw suka, warna musik di BECK movie sesuai dgn apa yg digambarkan manganya, rock yg to the point, enerjik, funky, 90’s style..Paling berkesan waktu adegan konser pas lagu Evolution, sound-nya juga terkesan live, ada ambientnya gitu, asoy lah!

    Penggambaran karakter juga pas..Tp gw agak kecewa dgn karakter Koyuki,,.kalo di manga, Koyuki itu rada konyol, pemalu tp simpatik..yg ditonjolkan di movie karakter pemalunya, terlalu kaku..yg bagus justru Chiba, imagenya dapet, ekspresi muka2 konyolnya, ampe nada bicaranya nagamuk2nya kena.

    Dari segi cerita, alurnya cepet dan banyak cerita yg dipadatkan..misalnya cerita Koyuki belajar gitar dgn Pak Saito yang sangat berdarah2 itu, cm digambarkan sekilas..romansa Koyuki-Maho jg agak garing, adegan penting berenang malam2 di kolam sekolah jg gak ada, sayang

    Adegan2 di film ini jg komikal bgt, ngikutin manganya, jadi jgn heran kalo terkesan lebay hahaha…oiya, gw setuju ama Angga, nge-mute suara Koyuki pas nyanyi itu LAME banget maan…kalo yg ini aga berlebihan X(

    Terlepas dari segala keluhan di atas, gw sangat enjoy nonton filmnya, sangat menghibur, apalagi kalo dari awal emang dah ngefans BECK…Poin utama film ini terutama ya pada musiknya, dan atmosfer filmnya yg ‘anak band’ tp juga komikal

  6. waktu pertama nnton beck filmnya kurang ngena, stelah nonton berkali2 lumayan memuaskan kog.. kalau menurutku sih, suara koyuki dihilangin malah bikin penonton makin penasaran.. tapi stelah denger moonbeam yang ada vokal koyuki lagunya jadi biasa aja, ngga sampe bisa ngebuat orang tercengang..
    btw, katanya sih, suara koyuki dihilangin atas permintaan pengarang komiknya..

  7. gan klo boleh tau lgu yg d bawakn oleh band Belle Ame (bandnya Eiji) pda saat d greatful sound itu judulnya apa ? dan klo bsa link downloadnya jga😀

  8. pertanyaan yg sm kyk juu zou.. minta link belle ame feat yoshito dong… keren bgt tuh..
    klo suara koyuki emg permintaan pengarangny, dan ak jg nga kecewa krn mungkin suarany sgt bgs, drpd ad suaranya pasti ad koment br lg yg bilang suaranya biasa aja.

  9. a a betul banget, kirain cuma di awal aja yg g nampilin suara, kirain buat pas ending di stage. eh ampe akhirpun cuma liat ekspresi penonton yg terperangah doang.

  10. tanpa vocal itu kayanya cos si pemeran koyuki nya gk bisa bhs inggris deh… nonton film ini gk ada feel lagu kaya di animenya. mengecewakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s