2010-2011 ini Honda (AHM) benar-benar menggila. Setelah memenangkan pertarungan antara New Mega Pro vs Byson yang secara tidak langsung mengancam kelangsungan hidup raja naked bike 150cc a.k.a V-ixion, perlahan tapi pasti AHM juga menggerogoti market 250ccnya Kawasaki dengan lahirnya CBR 250R. Sebentar lagi pun, sang adik, CBR 150R, siap mengacak-acak market segmen motorsport 150-200cc. Tapi siapa sangka, ditengah hebohnya perbincangan tentang akan lahirnya CBR 150R ini, AHM diam-diam melakukan ”serangan fajar” dengan meluncurkan Honda Spacy. Honda Spacy, skutik baru AHM ini pengambil posisi sejajar dengan Yamaha Mio Sporty, si raja skutik. Placing harga yang mirip, main di kelas yang sama, tapi fitur yang ditawarkan bagaikan langit dan bumi. Sudah banyak blogger senior yang mengulas tentang lahirnya Spacy ini. Coba saja kunjungi warungnya Kang Haji Taufik, Mas Iwan Banaran, dan Juragan RondO Rudi Triatmono.
Hampir 1 tahun terakhir ini, YMKI benar-benar dibuat mati gaya. Belum sempat mengantisipasi langkah New Mega Pro yang terus-terusan menggerogoti potential buyer Byson yang sudah jenuh menunggu indenan yang tak kunjung turun, ngga bisa mengimbangi langkah CBR 250R, belum kelihatan gelagat untuk menjegal CBR 150R, sekarang jagoannya siap dihantam oleh Honda Spacy. Di segmen matic, AHM hampir punya segalanya. Sang flagship Honda PCX, Vario CBS, Vario, Beat, Scoopy, Revo AT, dan yang terakhir Spacy. Sedangkan YMKI cuma punya Xeon yang dipaksa menghadang Vario CBS, Mio Soul yang bertarung melawan Vario, Lexam untuk Revo AT, serta Mio Sporty Sang Raja yang kini harus melawan 2 prajurit sekaligus, Beat dan Spacy. Sementara PCX dan Scoopy dibiarkan melenggang dengan bebas. YMKI sendiri ngga mau mengeluarkan Fino ataupun Fiore untuk menandingi Scoopy. Padahal potential buyer Fino cukup besar. Ini terbukti sejak tahun 2007-2009 banyak bertebaran body kit Fino untuk Mio, dan itu laku keras.
Lalu, apakah ini tanda dari awal keruntuhan kerajaan matic Yamaha? Ya… Kalau mau dianggap begitu sih bisa saja. Tapi apa iya harus begitu? Kalau ngga mau main di segmen yang sama, ya diferensiasi dong! Toolsnya kan lumayan banyak. Yamaha Thailand punya Nouvo Elegance. Tinggal diupgrade sedikit, tambahin bedak & gincu, bisa jadi skutik kelas semi-premium. Klo mau ngincer yang agak sporty dikit bisa masukin BWS-X. Atau klo mau yang imut, bisa masukin CUXInya Yamaha Vietnam. Desain BWS-X & CUXI emang agak ”nyeleneh”, tapi bukan berarti jelek. Tinggal bagaimana ”packaging”nya aja. Itu pinter-pinternya orang marketinglah. Desain Mio Sporty itu udah out of date. Apalagi teknologinya, jauh banget! Itu teknologi jaman kuda gigit banci. Udah saatnya YMKI buat melek. Setuju ngga masbro? Monggo dishare pendapatnya.
Gambar: Nyomot seenak jidat dari warungnya Kang Haji Taufik, Om Saranto, & Mbah Google
kolom komentarnya nggak biasa yah bro theme ini he he he he 🙂
Sudah bisa Kang. Tadi ada error sedikit. Ngga tau kenapa nih, setiap posting musti diedit2 lagi. Gambarnya suka ngga muncul.
setuju ama bws
Iya masbro, dengan masuknya BWS bisa membuka segmen baru di pasar skutik.
Desain CUXI asik banget… Kayaknya banyak yg akan tertarik nih…
Setuju! saya juga naksir sama cuxi. Kayanya klo buat dipake keliling2 kota pas weekend asik banget tuh.
ymki gk ngerespon konsumen…!!! Kebanyakn nginden…!!!!
Salah sendiri klo digempur honda abis2an….
bws oke, mirip dengna yamaha zuma ya??? apa emang satu produk, dengan nama berbeda di tiap negara (bws – zuma)
basic designnya sih mirip masbro, bedanya headlamp zuma disusun horizontal, sedangkan BWS vertikal. Setau saya zuma global product, klo BWS cuma keluar di vietnam & taiwan, CMIIW.
yamaha mengeluarkan jurus tandur slank dan milyarder yamaha periode 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dstnya………..
HHHH YAMAHA NEUVO MIRIP VARIO CMAN BEDANYA YAMAHA KURANG KEKAR