Armada baru di pasukan matic Honda. Apakah ini tanda runtuhnya kerajaan matic Yamaha?

2010-2011 ini Honda (AHM) benar-benar menggila. Setelah memenangkan pertarungan antara New Mega Pro vs Byson yang secara tidak langsung mengancam kelangsungan hidup raja naked bike 150cc a.k.a V-ixion, perlahan tapi pasti AHM juga menggerogoti market 250ccnya Kawasaki dengan lahirnya CBR 250R. Sebentar lagi pun, sang adik, CBR 150R, siap mengacak-acak market segmen motorsport 150-200cc. Tapi siapa sangka, ditengah hebohnya perbincangan tentang akan lahirnya CBR 150R ini, AHM diam-diam melakukan ”serangan fajar” dengan meluncurkan Honda Spacy. Honda Spacy, skutik baru AHM ini pengambil posisi sejajar dengan Yamaha Mio Sporty, si raja skutik. Placing harga yang mirip, main di kelas yang sama, tapi fitur yang ditawarkan bagaikan langit dan bumi. Sudah banyak blogger senior yang mengulas tentang lahirnya Spacy ini. Coba saja kunjungi warungnya Kang Haji Taufik, Mas Iwan Banaran, dan Juragan RondO Rudi Triatmono.

BWS-X cukup berpeluang

Hampir 1 tahun terakhir ini, YMKI benar-benar dibuat mati gaya. Belum sempat mengantisipasi langkah New Mega Pro yang terus-terusan menggerogoti potential buyer Byson yang sudah jenuh menunggu indenan yang tak kunjung turun, ngga bisa mengimbangi langkah CBR 250R, belum kelihatan gelagat untuk menjegal CBR 150R, sekarang jagoannya siap dihantam oleh Honda Spacy. Di segmen matic, AHM hampir punya segalanya. Sang flagship Honda PCX, Vario CBS, Vario, Beat, Scoopy, Revo AT, dan yang terakhir Spacy. Sedangkan YMKI cuma punya Xeon yang dipaksa menghadang Vario CBS, Mio Soul yang bertarung melawan Vario, Lexam untuk Revo AT, serta Mio Sporty Sang Raja yang kini harus melawan 2 prajurit sekaligus, Beat dan Spacy. Sementara PCX dan Scoopy dibiarkan melenggang dengan bebas. YMKI sendiri ngga mau mengeluarkan Fino ataupun Fiore untuk menandingi Scoopy. Padahal potential buyer Fino cukup besar. Ini terbukti sejak tahun 2007-2009 banyak bertebaran body kit Fino untuk Mio, dan itu laku keras.

Yamaha Fino yang tak kunjung lahir

Lalu, apakah ini tanda dari awal keruntuhan kerajaan matic Yamaha? Ya… Kalau mau dianggap begitu sih bisa saja. Tapi apa iya harus begitu? Kalau ngga mau main di segmen yang sama, ya diferensiasi dong! Toolsnya kan lumayan banyak. Yamaha Thailand punya Nouvo Elegance. Tinggal diupgrade sedikit, tambahin bedak & gincu, bisa jadi skutik kelas semi-premium. Klo mau ngincer yang agak sporty dikit bisa masukin BWS-X. Atau klo mau yang imut, bisa masukin CUXInya Yamaha Vietnam. Desain BWS-X & CUXI emang agak ”nyeleneh”, tapi bukan berarti jelek. Tinggal bagaimana ”packaging”nya aja. Itu pinter-pinternya orang marketinglah. Desain Mio Sporty itu udah out of date. Apalagi teknologinya, jauh banget! Itu teknologi jaman kuda gigit banci. Udah saatnya YMKI buat melek. Setuju ngga masbro? Monggo dishare pendapatnya.

Nouvo Elegance

Cuxi

Gambar: Nyomot seenak jidat dari warungnya Kang Haji Taufik, Om Saranto, & Mbah Google

11 thoughts on “Armada baru di pasukan matic Honda. Apakah ini tanda runtuhnya kerajaan matic Yamaha?

  1. ymki gk ngerespon konsumen…!!! Kebanyakn nginden…!!!!
    Salah sendiri klo digempur honda abis2an….

  2. bws oke, mirip dengna yamaha zuma ya??? apa emang satu produk, dengan nama berbeda di tiap negara (bws – zuma)

    • basic designnya sih mirip masbro, bedanya headlamp zuma disusun horizontal, sedangkan BWS vertikal. Setau saya zuma global product, klo BWS cuma keluar di vietnam & taiwan, CMIIW.

  3. yamaha mengeluarkan jurus tandur slank dan milyarder yamaha periode 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dstnya………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s