Apa aja yang kita butuhin klo mau bikin KM?

Masih seputar Knowledge Management (KM), mudah-mudahan colleagues ngga bosen yašŸ˜› Kali ini saya mau ngajak colleagues buat memahami langkah awal apa aja sih yang dibutuhin buat ngebangun KM. Pertama-tama ada 3 komponen utama yang harus dipenuhi. People, kita identifikasi dulu orang-orangnya siapa aja, kira-kira bisa ngga diajak untuk sharing knowledge. Process, proses yang mau dipake seperti apa? Apa colleagues mau pake modelnya Nonaka & Takeuchi atau yang lain? Terakhir adalah Technology, maksudnya teknologi apa yang mau dipake untuk capture knowledge maupun sharing knowledge. Misalnya bikin database, adanya fasilitas buat sharing seperti ruang meeting dan perlengkapannya, media komunikasi seperti teleconference, atau untuk distribusi knowledgenya? misalnya via email, etc. Ga perlu teknologi yang canggih-canggih, yang penting applicable buat colleagues terapin.

KM juga bisa dimulai dari Business Issue yang lagi hot di tempat colleagues semua. Berikut flow yang saya kutip dari Pak Pungki Purnadi:

Selain itu, kita juga harus pahami barrier apa aja yang bakal muncul klo kita mau nerapin KM di tempat kerja kita. Barrier itu bisa macam-macam, bisa dari teknologi, proses bisnis di lingkungan kerja kita, ato bahkan dari behavior orang-orang yang ada di tempat kerja colleagues semua. Masing-masing butuh pendekatan yang berbeda-beda. Tapi 1 hal yang sama, untuk ngatasin semua barrier itu butuh pemikiran yang open mind, komitmen, dan model kepemimpinan yang walk the talk dari manajemen. Selamat berhari Sabtu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s