Sedikit tentang Knowledge Management

Good morning Colleagues! Salah satu scope yang paling saya suka dari dunia human resources adalah Knowledge Management (KM). Sebenernya ini barang lama, dulu di kantor saya yang lama bahkan udah diterapkan sejak 2007. Tapi buat saya konsep KM ini sangat menarik. Konsepnya sederhana, tapi impactnya luar biasa. Dengan adanya KM di sebuah perusahaan menunjukkan kalau perusahaan tersebut ngga lagi memperlakukan karyawan hanya sebatas sebagai pekerja/sumber daya, tapi karyawan adalah sumber energi yang menggerakkan perusahaan.

Berikut salah satu deskripsi KM dari Chris Collison yang saya kutip dari bukunya “Learning to Fly”:

Knowledge Management is about capturing, creating, distilling, sharing, and using know-how. It is more than what’s written down.

Salah satu konsep KM yang paling terkenal adalah konsep The Knowledge Spiral Model-nya Nonaka dan Takeuchi (nanti di artikel terpisah aja ya).

Fungsi utama penerapan KM adalah menciptakan lingkungan yang mendorong karyawan untuk terus belajar terhadap hal-hal baru serta bersedia berbagi pengetahuan dan keahlian dengan sesama karyawan. Jadi ngga melulu disumpel sama training. Dengan adanya KM cost untuk training bisa ditekan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s