Sebuah renungan: Apakah ini surga?

Kata orang, mimpi adalah bunganya tidur. Tapi kadang bunga itu cepat sekali menguap. Bahkan kurang dari satu hari. Sehingga terkadang kita lupa, mimpi apa saya semalam? Tapi saya pernah mengalami mimpi yang anehnya, sampai detik ini tidak sedikit pun terlupakan dari ingatan saya. Suatu malam saya pernah bermimpi, saya berdiri di siang hari, di pinggir jalan raya yang sepi dan panjang. Di tepiannya terdapat sebuah pantai, dengan laut yang sama sekali tidak bergelombang. Saya duduk di sebuah batu. Memandangi seekor kepiting yang berjalan di dasar laut yang bening. Sesekali saya memandangi burung-burung yang terbang melintasi langit biru tanpa awan, dan perahu nelayan yang berlayar di lautan yang tenang. Langit saat itu begitu cerah, tapi sama sekali tidak terasa panas. Suasana disana begitu tenang & damai. Saya bertanya dalam hati, inikah surga? Kalau bukan, di belahan bumi mana yang memiliki suasana seindah ini? Kalau iya, kenapa disini sangat sepi? Apa begitu sulitnya mengumpulkan amalan ibadah, sehingga tidak ada orang sama sekali disini?

Keesokan harinya saya terbangun, dan berharap di malam-malam selanjutnya saya bisa kembali ke tempat itu. Tapi kenyataannya sampai sekarang saya tidak pernah lagi mengunjungi tempat itu di dalam mimpi. Kemudian, selalu terngiang di telinga saya… Apakah tempat itu surga? Kalau bukan, di belahan bumi mana yang memiliki suasana seindah itu? Ya Allah… Kalau tempat itu bukanlah surga, izinkanlah saya untuk singgah di tempat itu sekali lagi saja untuk mengagumi kebesaran-Mu. Dan kalau tempat itu adalah surga, jadikanlah tempat itu sebagai tujuan akhir hidup saya. Jangan butakan saya dengan hal-hal yang akan membebani perjalanan saya dalam menuju ke rumah-Mu.

Leave a Reply

