Akhirnya muncul juga skutik yang digadang-gadang sebagai Mio injeksi

Setelah berminggu-minggu spyshotnya muncul malu-malu, mulai dari tampak depannya yang muncul di Motorexpertz, sketsanya yang muncul di blog P2R, dan tampak belakangnya yang muncul di blognya Kang Taufik. Akhirnya wujud asli versi lengkap dari skutik yang digadang-gadang sebagai Mio Injeksi / Mio J ini muncul juga di blognya bro IWB. Walaupun masih polos tanpa striping & logo dan masih pake spokewheel, tapi bentuknya udah amat sangat jelas. Secara desain, ternyata skutik ini cukup unik. Yamaha mencoba menggabungkan antara desain jadul klasik Mio Sporty, serta desain futuristik Mio Soul dan Xeon. Kenapa begitu? Yuk coba kita perhatikan satu persatu.

  • Desain headlamp masih mempertahankan desain Mio Sporty dengan sedikit modifikasi ala Vega R.
  • Desain tebeng basicly mirip dengan Mio Sporty, hanya saja ukuran lampu sein lebih besar hingga ke tepi.
  • Spakbor depan, tabung shock, & kaliper masih menggunakan gen Mio. Hanya motif discbrakenya diperbaharui.
  • Beralih ke dashboard, desain speedometer diadopsi dari Mio Soul. Cuma imho, lebih simple tapi lebih keren.
  • Handpad, brake lever, & spion masih standar ala matic Yamaha.
  • Skutik ini udah dilengkapi dengan shutter key ala Xeon.
  • Ada laci untuk botol minum, desainnya mirip dengan punya Mio Soul.
  • Bordes & deck dicaplok dari Mio Soul.
  • Bentuk jok dan body samping masih mempertahankan desain Mio Sporty.
  • Footstep boncenger ala Mio Soul
  • Behel belakang masih menggunakan punya Mio Sporty edisi terakhir.
  • Desain cover knalpot mirip dengan punya Xeon. Sedangkan bentuk silencer masih sama.
  • Desain stoplamp masih senada dengan punya Mio Sporty.
  • Spakbor belakang diadopsi dari desain spakbor Mio Soul.

 

Lalu… Fitur apa yang dibawa skutik ini selain (katanya) injeksinya? Klo dibandingkan dengan Mio Sporty yang ada di sampingnya, kurang lebih dimensinya sama. Berarti kemungkinan ga ada perubahan frame. Lebih jauh lagi… Berarti kemungkinan besar ngga Helm-In. Diatas cover CVT ada semacam box warna hitam. Apa itu filternya? Bisa jadi bagasi bakal lebih luas dari Mio sebelumnya. Skutik ini udah dibekali sistem AHO. Stangnya udah ada bandulnya. Klo diliat dari brake levernya, ngga ada parking break lock switch di lever kiri. Berarti kemungkinan memang ga bakal ada fitur parking break lock. Side stand switch? Entah lah…. Cuma satu yang jadi pertanyaan saya. Dulu waktu masih nyemplak Mio Sporty, hal yang paling saya benci adalah footstep boncenger. Klo lagi macet & nurunin kaki, betis saya selalu beradu dengan kaki boncenger. Kira-kira bagian ini udah direvisi belum ya sama Yamaha?

 

Selanjutnya, skutik ini mau dihadapkan dengan siapa? Paling nyata, coba aja dibandingin dengan skutik Honda. Ngga Helm-In, berarti bukan head-to-headnya Spacy. Walaupun Spacy ada versi injeksi, tapi rasanya ngga tepat klo diposisiin ngelawan Spacy. Klo Scoopy juga udah pasti bukan, karena itu nanti porsinya Fino. Vario CBS mungkin masih jatahnya Xeon. Tapi apa iya skutik ini cuma buat ngadepin BeAT & Vario lama? Monggo komentarnya.

Gambar: Nyomot dari blognya IWB

 

4 thoughts on “Akhirnya muncul juga skutik yang digadang-gadang sebagai Mio injeksi

    • klo buat saya sih lumayan. Penentuannya tinggal di stripingnya aja. Cuma klo buat duel dengan skutik honda yang masing2 segmentasi & fiturnya udah jelas, agak pesimis deh.

  1. Step Three:  Treatment of Environment In addition, you will want to vacuum
    your carpet. Nothing is more immediately than simply squeezing the drugs from the tube in betwixt the pet’s shoulder blades.
    Babesiosis is a vicious disease that is most common among young animals, puppies are especially susceptible.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s