Pabrikan Cina kena batunya

Klo di Indonesia, mocin (motor Cina) ngejiplak desain motor Jepang udah bukan hal aneh lagi. Klo dulu, setelah era krismon, mocin banyak menjamur di Indonesia. Sebut saja Jialing, KTM (bukan KTM Eropa, tapi yang iklannya Inul), Kanzen, dll yang waktu itu lagi ngetop-ngetopnya niru desain Honda Supra-X. Klo sekarang mungkin yang masih ada Minerva yang ngikutin CBR 150 lama. Kali ini ada kasus menarik, tapi bukan di Indonesia. Melainkan terjadi di gelaran EICMA, pameran otomotif terbesar di dunia yang lagi berlangsung di Italia. Sebuah produsen Cina bernama Yiben, yang merupakan anak perusahaan dari Kaitong Motor (apa pula itu???) berpartisipasi dalam EICMA dengan memamerkan produknya, yaitu three wheeler yang diberi nama YB 250 ZKT, yang ternyata… copyan dari Piaggio MP3 250cc!!! Hmm… Motor Cina niru motor Italia, dipamerin di Italia pula. Sebuah aksi bunuh diri nan elok:mrgreen:

Hasilnya??? Bisa ketebak. Langsung aja tuh produk dibredel dari pameran dan Yiben sendiri dikenakan tuduhan pemalsuan dan pelanggaran hak cipta. Nah loh??? Makanya klo nyotek mbok ya jangan terang-terangan. Jadi kena batunya deh!:mrgreen:

Versi aslinya

Sumber: Twowheelsblog.com

2 thoughts on “Pabrikan Cina kena batunya

  1. Haha… sama ama artikel yg pernah saya baca, mobil Cina yg diekspor ke Jerman yg ternyata niru BMW dan langsung ditahan di pelabuhan. Kalo di sini bukti lemahnya hukum hak cipta yaitu tadi motor2 dari Cina yg terang2an niru produk Honda dan Yamaha aman2 aja beredar di sini. Contoh lain mobil Chevrolet Spark yg ditiru oleh pabrikan Cina Chery jadi Chery QQ, dan saya lihat dgn mata saya sendiri mesin dan interiornya sama persis, sedangkan disain eksteriornya juga sama hanya dirubah disain lampu, bumper serta grillnya. Benar2 keterlaluan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s