Apa??? Rizla Suzuki mundur dari MotoGP?

Sebuah kabar mengejutkan datang dari kubu Rizla Suzuki. Pasalnya sampai tenggat waktu pendaftaran tim untuk musim depan yang berakhir di hari Jumat kemarin (11/11/2011), tim Rizla Suzuki sama sekali tidak mendaftarkan diri sebagai peserta MotoGP 2012. Padahal saat diwawancara di akhir seri Valencia lalu, Paul Denning optimis untuk menurunkan 2 rider pada musim mendatang, yaitu Alvaro Bautista & John Hopkins. Sebelum Bautista memutuskan untuk pindah ke Gresini dikarenakan Suzuki tidak mampu untuk memenuhi permintaan Bautista untuk menyiapkan motor 1000cc di awal musim 2012. Tampaknya keinginan Denning tidak sejalan dengan kemampuan pabrikan. Walaupun belum ada pernyataan resmi dari tim Rizla Suzuki, tapi kemungkinan besar Suzuki akan mundur untuk musim depan, menyusul tim pabrikan Kawasaki yang sudah mundur beberapa tahun lalu. Diperkuat dengan statement Denning yang mengatakan bahwa racing department Suzuki saat ini tetap mengembangkan mesin prototype 1000cc dan diharapkan bisa berpartisipasi di MotoGP lagi pada tahun 2014. Saat ini pengembangan dilakukan dengan 2 model mesin yang berbeda, yaitu mesin V4 seperti GSVR 800cc, dan in-line 4 silinder 1000cc.

Dengan mundurnya Rizla Suzuki, berarti tim pabrikan yang tersisa tinggal 3, Ducati, Yamaha Factory, dan Repsol Honda. Sisanya tim satelit dan CRT. Hal ini tentu sangat janggal, mengingat MotoGP adalah kompetisi balap paling bergengsi sejagad dimana yang dipertaruhkan tidak hanya kecepatan, tapi juga kemampuan dari sebuah tim mengembangkan sebuah motor prototype. Lah ini… Bagaimana sebuah prototype development bisa terjadi klo pesertanya kebanyakan CRT & satelit? Selain itu, yang paling mengenaskan adalah nasib Randy de Puniet. Mau ngga mau, Randy harus segera mencari tim CRT kalau masih mau bertahan di MotoGP. Atau pilihan lainnya ya pindah kelas ke WSBK. Padahal torehan waktu Randy pada test post-season Valencia kemarin bisa dibilang sangat baik untuk ukuran motor 800cc. Sementara John Hopkins, yang sudah diperjanjikan untuk kembali ke MotoGP, terpaksa kembali ke WSBK bersama Crescent Suzuki.

Sumber: GPOne.com, Crash.net, GPWeek.com

One thought on “Apa??? Rizla Suzuki mundur dari MotoGP?

  1. timnya pengen lanjut,,tp ‘sang owner’ berkata lainšŸ˜¦
    knp yah,dr f1 – motogp, yg mundur kbanyakan pabrikan jepang.. yg bukan jpang cm BMW.. klo aprilia kn masih termasuk,sbelum masa krisis amrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s