Jelang GP Valencia: MotoGP termanis sepanjang musim 2011

Banyak hal yang membuat saya menyimpulkan kalau seri GP Valencia di Spanyol hari Minggu nanti bakal jadi seri GP termanis sepanjang musim 2011. Yuk kita bahas satu per satu.

Kelas 125cc

Seri Valencia akan menjadi seri terakhir dari GP kelas 125cc. Yup, tahun depan kelas 125cc 2 stroke bakal diganti dengan kelas Moto3, yaitu 250cc 4 stroke. Nicolas Terol memimpin klasemen sementara dengan 282 poin. Sementara Johann Zarco berada di urutan kedua dengan selisih 20 poin. Seri ini akan menentukan siapakah yang akan menjadi juara dunia kelas 125cc tahun 2011, sekaligus juara dunia terakhir untuk kelas tersebut.

Kelas Moto2

Harusnya Stevan Bradl bisa menutup perebutan juara dunia Moto2 di Sepang kemarin. Apalagi dengan kondisi absennya Marc Marquez. Tapi ternyata podium pertama direbut oleh Thomas Luthi dari unfinished race yang diakibatkan oleh insiden kecelakaan Axel Pons. Tapi, asalkan ngga jatuh, Bradl hanya butuh finish ke-13 untuk memastikan gelar sebagai juara dunia.

Kelas MotoGP

Ini yang paling menarik. Seri Valencia akan menjadi seri penutup untuk kelas MotoGP 800cc. Selanjutnya musim depan akan berpindah ke 1000cc dengan nama Moto1. Mungkin gelar juara dunia sudah direbut oleh Casey Stoner dengan kemenangan yang “nyaris” sempurna di setiap serinya. Tapi bukan berarti kelas MotoGP mendadak basi begitu saja. Insiden yang merenggut nyawa Marco “Super Sic” Simoncelli sontak membuat seri Valencia menjadi titik kebangkitan dari kesedihan yang mendalam. SEMUA orang percaya, kecintaan Sic terhadap MotoGP begitu besar, sehingga semuanya berbondong-bondong untuk memberikan penghargaan yang sangat besar untuk rider “gila” itu.

  • Dipastikan sudah ada 2 orang (mungkin akan lebih) yang akan menggunakan nomor 58, yaitu Andrea Dovizioso & Loris Capirossi.
  • Alvaro Bautista sudah menempatkan angka 58 di buritan tunggangannya.
  • Honda Gresini akan tampil “Full Team” dengan menghadirkan paddock untuk Simoncelli, layaknya sang rider akan ikut balapan.
  • Tim Ducati memasang angka 58 di truk mereka dan tulisan “Sic nei nostri cuori ♥♥♥” (Sic is in our hearts ♥♥♥).
  • Simoncelli Tribute Wall dipasang di sirkuit Valencia, dimana setiap orang bisa membubuhkan tandatangan dan komentarnya untuk menghormati mendiang Sic.
  • Yang pasti ditunggu-tunggu, Valentino Rossi sudah menyiapkan helm khusus yang baru akan dipertunjukkan besok untuk mengabadikan kenangan bersama “adik”nya itu.

Selain tentang Simoncelli, seri Valencia kali ini juga akan menjadi seri yang sangat berarti, diantaranya:

  • Seri ini akan menjadi seri terakhir dari karir balap Loris Capirossi, karena beliau akan pensiun.
  • Seri ini juga akan menjadi seri terakhir dari Hiroshi Aoyama & Colin Edwards, karena tahun depan Aoyama akan pindah ke Superbike & Edwards ke BMW (tetap di MotoGP).
  • Seri ini akan menjadi seri terakhir Dovizioso di Repsol Honda, karena tahun depan akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Edwards.
  • Seri ini akan menjadi penentu siapakah yang akan mendapatkan gelar Rookie of the Year, antara Cal Crutchlow dan Karel Abraham.

Gimana masbro? Yakin untuk melewatkan MotoGP Valencia Minggu besok? Batalkan semua schedule anda karena, TRUST ME! Ini akan menjadi seri MotoGP termanis sepanjang tahun 2011.

Gambar: MotoGP.com, GPOne.com, Crash.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s