Yakin Byson buatan Thailand?

Menarik menyimak artikel Mas Iwan Banaran disini. Berdasarkan fakta di lapangan mengindikasikan kalau Yamaha Byson masih didatangkan dari India, sebagaimana gen aslinya yaitu FZ16. Tapi menurut berita yang dilansir oleh detikoto kemarin, Rabu 10 Agustus 211, Yamaha Byson yang beredar di Indonesia dirakit di Thailand. Berikut kutipan dari detikoto:

Yamaha Byson dari Thailand Banyak yang Tidak Lolos Standar
M Luthfi Andika – detikOto

Jakarta – Kecewa dengan hasil produksi dari Thailand akhirnya Yamaha memutuskan untuk memproduksi Byson di Indonesia. Hal ini juga yang menyebabkan hasil produksi Yamaha di Indonesia akan meningkat di tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Dyonisius Beti, di sela-sela buka puasa bersama media, di Jakarta.

“Produksi lokal kita kurang terus, dan seperti Byson dari Thailand yang banyak tidak lolos standar Indonesia. Ini juga yang membuat lama konsumen menunggu. Oleh sebab itu di awal tahun 2012 nanti kami akan menambah produksi di Indonesia,” ujar Dyonisius Beti.

GM Promotion and Motorsport YMKI Eko Prabowo menambahkan hal itu bukan berarti kualitas produksi dari Yamaha Byson yang diproduksi di negeri tetangga jelek.

“Standar Yamaha adalah kualitas internasional dan kualitas standar Yamaha sama di setiap negara. Akan tetapi kondisi tropis dan keadaan traffic dan kondisi cuaca di negara kita yang luar biasa kami membuat standar tambahan untuk kepuasan konsumen,” jelasnya.

Dan ketika produksi dari luar negeri itu tidak mencukupi, Yamaha akan menambah produksi lokal yang sesuai dengan pasar Indonesia.

“Kami akan usahakan itu diproduksi di Indonesia untuk mendukung produksi dan meminimalisir inden yang terjadi di pasar,” ujarnya.

Namun sayang Yamaha enggan untuk berbicara seberapa banyak Yamaha berinvestasi dan berapa jumlah karyawan yang akan ditambah untuk penambahan produksi Byson.

“Ya tidak banyak lah, karyawan yang bertambah pun tidak banyak. Tapi kemungkinan produksi kami akan mencapai 10 ribu unit untuk Bison dan semua varian pun akan mengalami peningkatan produksi,” kata Dyonisius Beti.

Namun Dyonisius menambahkan untuk peminat motor sport masih belum terlalu banyak hanya mencapai 11 persen penjualan.

“Sebenarnya untuk kendaraan sport itu hanya mencapai 11 persen dan tidak besar. Namun yang paling digemari masyarakat itu Yamaha Xeon bahkan permintaannya naik menjadi double, Vega ZR, V-ixion baru Byson,” kata Dyonisius.

“Namun tetap kami di awal tahun mendatang akan memproduksi semuanya disini(Indonesia) dengan standar Jepang agar kebutuhan konsumen terpenuhi,” tutup Dyonisius yang saat itu mengenakan setelan jas abu-abu.

( ddn / ddn )

Nah Lho! Ada kontra antara pernyataan Bapak Dyonisius Beti, fakta baut Byson berasal dari India, dan informasi yang coba saya cari dari situs Yamaha Thailand. Pasalnya Yamaha Thailand sendiri tidak mengeluarkan Byson ataupun FZ16 untuk pasar lokalnya. Berikut line up motor Yamaha Thailand:

Setahu saya, YMKI memang berkiblat kepada Yamaha Thailand, tapi cuma untuk urusan bebek & maticnya aja. Buktinya, V-Ixion & Scorpio original Made in Indonesia (CMIIW). Yah… Memang sih bukan hal yang tidak mungkin memproduksi barang hanya untuk pasar luar negeri. Tapi… Bagaimana dengan temuan beberapa part Byson asli Made in India? Tanya kenapa? Kenapa tanya? Monggo didiskusikan.

11 thoughts on “Yakin Byson buatan Thailand?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s