Segini doang kualitas SNI?

Ini cerita tentang salah satu helm yang saya gunakan. Masbro mungkin udah tau klo setiap pembelian motorsport Yamaha dapet sebuah helm fullface Cargloss Sport Z. Begitu juga dengan saya, saya dapet 1 warna merah dari pembelian Byson merah bulan Maret lalu. Helm ini saya gunakan 2 hari 1x, gantian dengan helm MDS Sparta yg udah hampir 2 tahun saya pakai. Ceritanya hari Rabu 2 hari yang lalu pas jam pulang kerja. Helm ini saya taruh di atas meja kerja yang ± tingginya 1 METER & ngga sadar klo posisinya miring. Tiba-tiba helm tersebut nggelinding jatuh ke lantai yang DILAPISI KARPET.

Tau apa yang terjadi selanjutnya? Pengunci visor sebelah kiri lepas dan patah. Yup… PATAH. Kok bisa? Padahal cuma jatuh nggelinding, bukan benturan keras seperti pada kecelakaan. Bayangkan klo kepala saya ada di dalam situ & kejadiannya adalah sebuah kecelakaan. Akhirnya mau ngga mau saya jadi kepikiran, “Segini doang standar kualitas SNI?”. Apa standar kecelakaan di Indonesia itu harus sampe gegar otak atau meninggal? Klo cuma jatuh nggelinding aja pengunci visor bisa patah, apalagi klo kecelakaan? Disinyalir shellnya bisa belah tuh.

 

Akhirnya, daripada pulang dengan visor yang “ngample-ngample” ketiup angin, sisi visor yang penguncinya patah saya lakban aja. Minimal bisa sampe rumah dengan selamat. Sekarang harus nabung buat helm baru nih kayanya. So masbro, hati-hatilah, standar SNI ngga setinggi yang kita kira. Alangkah baiknya klo helm yang kita pake sudah berstandar ganda. Minimal salah satu dari SNELL atau DOT. Atau klo perlu dua-duanya. Gapapa keluarin cost sedikit lebih besar, potong uang makan dikit-dikit😀. Toh harga kepala kita kan jauh lebih mahal dari itu. Keep safety riding bro!

 

16 thoughts on “Segini doang kualitas SNI?

    • Kayaknya kalo pengunci klip visor emang rantan patah mas bro….
      Aku dah 5th pake KYT
      Yg pertama pas ditahun ke 3 aku keclakaan dipotong becak body helm cm baret namun pengunci visor patah n visornya sendiri utuh (sayang helm akhire ilang wkwkwk….)
      Yg kedua KYT DJ Maru baru 3 bulang aku disremput truck dgn kecepatan 90kpj hasilnya visor tetap utuh cuma penguncinya kembali patah n body helm baret. Visor n pengunci aku ganti baru tp baru dapet 1mg kemudian aku keclakaan lagi n tetep aja pengunci visor patah lagi namun kali ini visornya ikutan patah
      so brarti emang kualitas helm lokal kayaknya perlu perbaikan di pengait visor

      • Setuju bro, agak parno aja klo semudah itu patah. Misalnya terjadi benturan yang bikin pengunci/visor patah, bisa aja terjadi kemungkinan itu nusuk mata.

  1. @nanared & karis:
    Alhamdulillah MDS Sparta yg udah 2 tahun saya pake ngga ada gejala retak/patah. Padahal cuma helm 200ribuan & udah pernah ikut mental di kecepatan 80kpj sampe keseret di jalanan beton sampe hampir 10m, & ada kepala saya didalemnya. Tapi cuma catnya aja yg tergerus.

    • wah yg ane tau elm MDS mayan murmer brot😯

      gimana klo elm BMC punya ane wkt bli cuma pekgouw 150rb. enak dipake enteng ga berat tapi gatau blon pernah crashtest.. gamau lah😆

      • emang murmer bro, saya juga belinya kepepet gara2 helm saya ilang di parkiran. Nih helm emang lebih berat dibandingkan GM & KYT, tapi masih beratan INK. Punya saya yang Sparta udah 2x kecelakaan & pernah beberapa kali jatoh (kesenggol) tapi ngga pernah ada gejala retak/patah, paling baret dong. Bahan Shellnya juga tebel. Soalnya dibagian pipi itu tergerus sampe sedalem 1mm (gara2 keseret di jalanan beton sampe hampir 10 meter). Walopun murmer, klo dibandingin sama helm bawaan Yamaha diatas, kualitasnya jauh lebih tinggi, padahal harganya 11:12.

  2. wah helmku yg skrg sebelum lepas jaket, glove, etc udah jadi kebiasaan ngebungkusin helm pake tasnya lebih dulu..takut jatoh trus lecet mas bro..sayang helmnya..hehe..

    • walah, apik banget bro. Saya biasanya buka helm duluan, trus ditaro diatas tangki/jok. Baru deh lepas glove, decker, & jaket. Nah pas ditaro itu kadang suka kesenggol/ga pas naronya. Jadi suka jatoh.

    • tadinya juga mau gitu bro. Tapi pikir2 lagi, kayanya lumayan buat jadi replacement helm yg saya pake klo lagi dicuci. Eh… Siapa sangka umurnya cuma 4 bulan:mrgreen:

    • Itu lah bro, semua orang tau klo kualitas helm bawaan itu kualitasnya jelek (kecuali N250R & CBR250R). Cuma klo udah standar nasional tentu kita expect kualitas yang lebih baik. Klo jelek-jelek juga mah ga perlu diembos SNI. Apa mungkin standar SNI serendah itu? Entahlah…

  3. klo ga salah helm bonusan cbr 250R jg tetep tipe TRX fullface, yg kualitas finishing nya amat meragukan😦 cuman dikasi stiker CBR doank, tp kualitas masi sama kyk yg lama

Leave a Reply

