[REVIEW] Icip-icip 9Power di Byson

Oleh-oleh dari PRJ Sabtu lalu, saya bawa pulang sebuah 9Power yang terkenal itu. 9Power ini saya dapat dari booth 9Nine di dekat booth KBC seharga 39ribu (sial, kirain bakal dapet diskon, ternyata sama aja harganya :P). Cuma klo masbro beli di PRJ, beli 2 dapet bonus gantungan kunci. Pulang dari PRJ pun langsung saya pasang. Ternyata gampang aja. Tinggal buka kepala busi (klo di Byson harus diputar), masukin 9Powernya dengan arah panah menghadap ke luar (ke arah busi), kasih pembatas dengan cable ties di sisi atas dan bawahnya biar ngga goyang-goyang (klo kemarin cable tiesnya udah include di paket pembelian), pasang lagi kepala businya, & colokin ke busi. Gampang banget, ngga sampe 10 menit.

Terus hasilnya gimana? Cukup memuaskan bro. Di blog lain, ada yang bilang klo itu cuma sugesti aja. Tapi saya pastikan disini klo hasilnya nyata, bukan cuma sekedar sugesti. Saya 2 kali nyoba di si Vijay dengan konsumsi bahan bakar yang berbeda.

  • Percobaan pertama saya pakai bensin RON92 (standar pakai sehari-hari), dan hasilnya lumayan. Terasa banget suara mesin lebih “rapat” dibandingkan sebelum pakai 9Power. Sekali geber, RPM cepat naiknya & lebih bisa mencapai RPM tinggi. Klo misalnya masbro biasa shifting di RPM 6-7ribuan, ini mesin masih bisa naik ke RPM 7500 lebih tanpa getaran yang besar. Perbandingannya seperti suara raungan mesin yang sama (dengan tidak pakai 9Power) baru terdengar di 500-1000 RPM lebih tinggi.
  • Besoknya, percobaan kedua saya pakai bensin RON95 (kebetulan pas ngejajal pertama bensin RON92 udah menipis), dan ternyata hasilnya jauh lebih baik. Suara mesin sama rapatnya, tapi jauh lebih halus. Akselarasi juga lebih cepat dari percobaan pertama. Selain itu kitiran RPM yang ingin dicapai juga lebih mudah digapai.

Di boothnya sendiri dibuktikan perbedaan antara pengapian yang ngga menggunakan 9Power, pakai 1 buah, & pakai 2 buah. Tampak di RPM tertentu, busi yang ngga pake 9Power sudah ngga ada sparknya, tandanya sudah harus oper gigi. Sedangkan yang menggunakan 9Power masih ada sparknya dan masih bisa naik lagi. Begitu digeber lebih tinggi lagi, tampak busi yang hanya pakai 1 buah 9Power udah mulai redup, sedangkan yang pakai 2 buah masih menyala.

Klo liat di kotaknya, ada 6 poin yang diusung oleh produsen 9Power:

  • 1. Untuk semua mesin 2 tak, 4 tak, & Matic
  • 2. Memaksimalkan akselarasi, power, dan speed
  • 3. Pengapian cepat dan bagus
  • 4. Hemat BBM
  • 5. Bebas perawatan
  • 6. Plug n Go

Berdasarkan hasil tes by feeling oleh saya:

  • Poin no.1. Memang benar, bahkan bisa buat mobil (di brosurnya ditunjukin aplikasinya di mesin mobil).
  • Poin no.2. Betul memaksimalkan akselarasi (gas terasa lebih enteng) & memaksimalkan power (RPM bisa digeber lebih tinggi), tapi klo speed saya rasa ngga. Klo mau maksimalin speed paling ngga harus dengan ganti CDI, ganti karbu, ganti knalpot free flow, bore-up, dll. Klo cuma pake alat segede jempol udah bisa maksimalin speed, bisa2 bengkel modif pada bangkrut.:mrgreen:
  • Poin no.3. Saya sangat setuju. Klo masbro ga yakin, dateng aja ke boothnya di PRJ. Disitu bisa dites langsung perbandingan antara busi yang ngga pake 9Power, pake 1 buah, & pake 2 buah. Semakin banyak dipakai, pengapiannya semakin stabil.
  • Poin no.4. Buat saya bullsh*t. Kenapa? Dengan akselarasi lebih cepat, pasti ada efek psikologis buat ngegeber motor lebih kenceng. Klo udah begini, ga mungkin bensin jadi irit. Kecuali klo masbro ngga ngerubah behavior riding masbro, walaupun motor udah lebih ngacir.
  • Poin no.5. Memang bebas perawatan, lha wong sebonggol begitu doang. Kecuali klo ada kerak/kotoran padat yang nempel. Paling tinggal dibersihin pake lap, atau klo yang lengket bisa disikat pake sikat gigi.
  • Poin no.6. Setuju, pemasangannya gampang banget. Cuma perlu hati2, ngelepas socket businya jangan dipaksa, klo keras coba dengan cara diputer, biar serat kabelnya ngga rusak. & jangan sampe terbalik masangnya, lihat arah anak panahnya.

Kesimpulannya, penggunaan 9Power memang terbukti bikin akselarasi lebih cepat & raihan RPM atas lebih mudah. Cuma memang perbedaannya ngga signifikan banget. Jadi klo ada yang bilang ga ada bedanya, wajar aja. Mungkin karena ngga berasa. Tapi ga ada salahnya dicoba klo masbro penasaran. Apalagi klo masbro tipikal rider yang suka icip-icip kecepatan tinggi & punya duit berlebih, ga ada salahnya dicoba dengan dikombinasi sama bensin yang beroktan lebih tinggi, terasa kok bedanya. Tapi klo masbro tipikal rider yang alon-alon asal klakson:mrgreen: yang klo shifting ga sampe nunggu mesin meraung, rasanya sih ngga perlu-perlu amat. Soalnya yang bakal masbro rasain cuma perbedaan di akselarasinya aja. Masbro ga bakal ngerasain raihan RPM yang lebih tinggi.

Terakhir, klo masbro memakai obat kuat apapun seperti 9Power, Octane Booster, dll; jangan sampai peningkatan performancenya merubah behavior masbro dalam berkendara. Tetap keep safety riding, berpengaman lengkap, dan santun di jalan. Selamat mencoba bro!

20 thoughts on “[REVIEW] Icip-icip 9Power di Byson

  1. itu kan fungsinya sebagai stabilizer coil..
    btw si vijay pasang berapa? cuma 1 yach kalo liat digambar..
    udah coba lebih dari 1? apache aye terpasang 2.. 1 pasang deket coil, 1 lagi deket busi,.. kalo saling jejer ngga optimal…
    di JupeZ malah aye pasang 3😀
    kalo ada yg bilang sugesti coba pasang dulu, lalu coba motornya, setelah itu lalu lepas lagi stablilizernya.. ada perubahan gak? kalo kagak suru pake sepeda ajah:mrgreen:
    mungkin maksudnya hemat bbm itu dikarenakan pembakaran lebih sempurna ketimbang kondisi standar, ledakan bunga api bagus sehingga tidak ada bensin yg terbuang percuma..
    produsennya jamin sebesar 98% bensin terbakar sempurna karena tidak ada yg 100% karena terjadi sangat cepat, motor masih baru keluar dari pabrik saja hanya sebesar 92%-95%

    kok jadi nyeles.. :hammer:

    • Ooo… gitu toh masbro? baru tau saya klo fungsinya sebagai stabilizer koil. Saya pikir cuma buat optimalin pengapian aja. Soalnya begitu yg ditunjukin di PRJ.
      Iya si vijay cuma pasang 1. Soale ga bawa duit banyak ke PRJnya:mrgreen:. Trus udah kadung mo beli macem2.
      Buseet… pasang 3 dimana aja tuh bro? Trus perbedaannya signifikan banget ga?

  2. aye ngambil di sini –> http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7449608
    bisa juga sih dibilang sebagai stabilizer🙂
    pasang 3 ya tetep di kabel koil ke busi lagh.. masa di selang bensin😀
    1 diujung deket koil, 1 di deket cop busi, 1 lagi di tengah2nya..
    sebab pasang 1 ngga ngepek2 apa, cuma pemakaian standar (sekitar 60kmph) memang bensin jadi lebih irit dari biasanya.. lalu pasang 2 ada perubahan di akselerasi, lalu nekad pasang tiga seperti saran yang punya lapak, rekannya dari forum vixus juga pasang tiga.. dan benar efeknya warna busi jadi merah kecoklatan, berarti pembakaran sempurna, kalo pasang 1 ato 2 ngga sampe merah gitu..:mrgreen:
    perubahan memang signifikan, setelah 9power dilepas semua, ya biasa aja..
    kalo di apache cuma pasang 2, sebab udah pasang WrAin, racun dari anak KSR:mrgreen:

  3. mau pasang WrAin?
    cekidot -> http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2096867
    ente di jakarta yach? maen ke sini aja
    Abbys Performance
    * X-Tech Tuning, Jl. Ir.H.Juanda no 14, Rempoa Ciputat, Tanggerang (CP: Subi)
    * EAAA Motor Sport, Jl. Pejaten raya Kav 30 Jakarta Selatan (CP: Arya Jatmika)
    * Baikerboi (Produk Sepatu RVR saja)

    abis wrain pasang hid w/ projector juga yach..😳

  4. wah aku juga pake mas bro..hehehe..baru pake 1..rencana mau beli 1 lagi..ini lagi nyari distributor di Bandung..katanya sih di Kopo..deket rumah bgt..
    soal irit bbm, aku setuju tuh mas..ga percaya kalo bikin irit..kalo kataku yg ga ngerti, pengapian lebih besar, tentu akan membakar bbm lebih banyak, jadi ya logikanya pasti lebih banyak bbm terpakai..cmiiw..😀

  5. aku dah lepas 9 power efeknya bari kerasa mas bro..mesin jadi agak ngelitik nih sekarang..mungkin karena dulu pake 9power rpm jadi ga teratur kali ya..

  6. aku dah lepas 9 power efeknya baru kerasa mas bro..mesin jadi agak ngelitik nih sekarang..mungkin karena dulu pake 9power rpm jadi ga teratur kali ya..

    • masa sih efeknya mesing jadi ngelitik? Emang karena pake 9Power ato udah harus jadwal servis bro? Klo itu efek samping dari 9Power berarti ga bagus dong?

  7. salam kenal Gan..
    urun rembug hehe. yang bilang 9power sugesti, biasanya hanya denger dari “katanya dan katanya”, alias belum pernah coba sendiri..
    Efeknya bisa diukur dengan gampang kok Gan, apalagi kalau makenya di motor manual.
    ane salah satu dari sekian ribu seller 9power😀. sebelum jualan, ane jajal sendiri dulu..

    tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s