Mengenal ESP Guitars – Part 2

Lanjut lagi ya masbro. Artis-artis barat (terutama musik rock dan metal) mungkin banyak yang custom gitar, seperti George Lynch, James Hetfield & Kirk Hammet (Metallica), Tom Araya & Jeff Hanneman (Slayer), Alexi “Wildchild” Laiho – Henkka T. Blacksmith – Roope Latvala (Children of Bodom), Stephen Carpenter (Deftones), Ron Wood (Rolling Stones), Will Alder (Lamb of God), Michael Paget (Bullet for My Valentine), Max Cavalera (Sepultura), dan Richard Z. (Rammstein); Tapi bentuknya biasa-biasa aja. Kalau kita menilik ke gitaris band-band Jepang, kita bakal nemuin bentuk-bentuk yang unik yang bikin kita mikir: “Itu bisa dimaenin ngga ya?”. Ngga percaya? Nih beberapa artis Jepang yang diendorse oleh ESP.

Toshihiko Takamizawa – Gitaris sekaligus vokalis dari The Alfee ini bisa dibilang brand ambassadornya ESP. Takamizawa ini terkenal dengan Angel Seriesnya yang luar biasa edan bentuknya. Takamizawa memiliki sekitar lebih dari 30an signature series gitar ESP yang harganya sampai ratusan juta. Beberapa diantaranya bahkan ngga dibuatkan replikanya.

Takamizawa dengan salah satu koleksi Angel seriesnya

Heart Angel - Salah satu yang termewah

 

Sugizo – Pemilik nama asli Yune Sugihara ini gitaris dari Luna Sea dan X-Japan, dua band visual rock legendaris Jepang. Sugizo juga memiliki custom series yang diberi nama Eclipse yang jumlahnya juga mencapai 20an. Yang terkenal beberapa diantaranya yaitu Eclipse S-I Phyton yang dilapisi oleh kulit ular Phyton asli dan hanya diproduksi sebanyak 120 buah di seluruh dunia, PR-Triple Neck yang harganya mencapai ratusan juta, serta Eclipse S-III Brilliant Mixed Media yang dilapisi oleh plat besi. Oleh Sugizo juga ESP terkenal dengan sustainernya. Gitaris ini sering memainkan nada-nada panjang dengan menggunakan Floyd Rose Sustainer System.

Beberapa koleksi gitar Sugizo. Yang paling kanan adalah Eclipse S-I Phyton. Yang dua ditengah Brilliant Mixed Media Series

Sugizo LIVE performance dengan ESP PR-Triple Neck

 

Tetsuya – Bassis L’Arc~en~Ciel ini juga diendorse oleh ESP walaupun signature seriesnya ngga begitu banyak, tapi lumayan terkenal. Diantaranya Bugsy yang dipakai di klip Stay Away, dan Bardic yang merupakan seri terbarunya. Walaupun bentuk bass Tetsuya ngga terlalu unik, tapi umumnya warna yang dipakai cukup bikin sakit mata.:mrgreen:

Tetsuya dengan ESP Bardicnya

 

Kaoru – Gitaris Dir en Grey ini terkenal dengan 8 buah Ganesa seriesnya. Ganesa series ini ngga terlalu istimewa, bentuknya pun ngga terlalu aneh. Tapi karena Dir en Grey merupakan band metal yang sangat terkenal di Jepang, seri Ganesa akhirnya banyak diburu oleh penggemar Dir en Grey. Semenjak meninggalkan era visual, Kaoru ngga lagi menggunakan Ganesa series di setiap penampilannya. Signature series terbarunya adalah VP series yang bentuknya menyerupai Gibson SG Series.

Sabi, Seri pertama dari ESP Ganesa Series Kaoru (Dir en Grey)

 

Kyomoto Masaki – Banyak yang menganggap Masaki ini orang gila. Gimana ngga? Gitarnya yang diberi nama Samurai Kyomoto Special ini bisa nyala & benar-benar ADA PEDANG SAMURAINYA!!! Entah buat apa tuh pedang. Saya sendiri belum pernah ngeliat performancenya.

 

Selain artis-artis diatas, masih banyak artis-artis band Jepang lainnya yang menggunakan ESP sebagai senjata perang dan dengan bentuk yang ngga kalah menariknya. Selain itu, ESP juga mengeluarkan limited edition dalam moment-moment tertentu seperti edisi Gundam dan Doraemon.

ESP Doraemon

ESP Gundam EFSF Beam Riffle

 

Gitu aja bro ulasannya. Tertarik untuk punya gitar custom series ESP? Monggo disiapkan dana puluhan juta rupiah, karena gitar ESP yang paling murah itu harganya udah belasan juta. Klo ga mampu, bisa pilih merk yang lebih murah seperti Edwards, tentu dengan kualitas dibawahnya.

Sumber dan gambar dari sini, sini, sini, sini, sini, sini, sini, sini, sini, sini, dan sini.

5 thoughts on “Mengenal ESP Guitars – Part 2

  1. salah satu yg unik dari desain ESPnya Sugizo itu bodynya Les Paul (tapi kayu alder, bukan mahogany), pick up single coil (dan pake floyd rose)…kombinasi yang sangat2 ga biasa

    • soundnya juga sangat ngga biasa ror. Apalagi ada 1 gitar (gw lupa Eclipse berapa) yg senar 6-nya pake senar bass. Ga bisa ngebayangin bridgenya gimana. Custom kali ya?

  2. each time i used to read smaller posts which as well clear their motive,
    and that is also happening with this piece of writing which I am reading at
    this place.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s