Mengenal ESP Guitars – Part 1

Di setiap band tentu ada gitarisnya. Terkadang, model/bentuk gitar itu sendiri menjadi ciri khas dari band tersebut. Sebut saja Richie Sambora (Bon Jovi) dengan gitar Fender Stratocaster yang terdapat inlay bintang di setiap fretboardnya. Atau Metallica yang terkenal dengan gitar runcing-runcingnya. Sedikit obrolan ringan, yuk kita bedah sebuah merk gitar yang terkenal karena bentuknya yang unik-unik. Mungkin masbro udah familiar dengan Fender, Ibanez, Gibson, Cort, Dean, Squire, Rickenbacker, Yamaha, Musicman, OLP, B.C. Rich, Carvin, Aria, Epiphone, Fernandes, G&L, Gretsch, Godin, Hamer, Schecter, Kramer, Hohner, Jackson, Tokai, Peavey, Parker, PRS, Samick, Takamine, Washburn, dll. Tapi yang mau saya bahas bukan salah satu dari merk-merk tadi, melainkan satu brand yang sangat terkenal di Jepang. Apalagi kalau bukan ESP.

Hisatake Shibuya

ESP atau Electric Sound Products awalnya cuma sebuah nama bengkel gitar yang dibuka di Tokyo pada tahun 1975 oleh pemiliknya yang bernama Hisatake Shibuya, tapi diam-diam ESP juga memproduksi gitar merknya sendiri. Walaupun masih skala lokal. Karena terkenal dengan hasil reparasi yang berkualitas tinggi, akhirnya ESP mulai dikenal hingga ke Amerika. ESP pun banyak digunakan sebagai sparepart untuk merk-merk gitar yang terkenal di Amerika pada tahun 80’an seperti Kramer & Schecter. Pada 1986, ESP beruntung karena dikunjungi oleh George Lynch (gitaris yang sangat terkenal di era 80an) yang sedang mencari pengganti untuk neck gitar Kramernya. Akhirnya neck gitar custom ala ESP untuk George Lynch pun muncul, yang kini dipatenkan sebagai ESP Kamikaze. Berkat George Lynch lah akhirnya ESP membuka cabangnya di Amerika, dan ESP banyak dipakai oleh banyak gitaris yang menginginkan gitar yang “gue banget” a.k.a custom, salah satunya adalah James Hetfield dari Metallica.

George Lynch dengan ESPnya

 

Karena ESP sudah terkenal dengan gitar customnya. Di tahun 1993 ESP memperkenalkan produk masalnya dengan brand LTD, dengan harga yang jauh lebih murah tentunya (karena produk masal). Ternyata eh ternyata, merk LTD ini mostly buatan Korea & Indonesia lho. Paling tidak kita cukup bangga karena bisa memproduksi produk yang berskala internasional.

LTD - Snakebyte. Versi murah dari ESP Signature Series James Hetfield (Metallica)

 

Saat ini, walaupun brand ESP masih ada dengan kualitas tertinggi dan umumnya adalah custom made atau artist series, sama halnya seperti Fender dengan Squirenya, atau Gibson dengan Epiphonenya, ESP juga mengeluarkan banyak merk lain untuk produk masalnya. LTD mungkin merupakan yang terkuat di pasar Amerika. Tapi ngga hanya LTD aja, untuk pasar Asia malah merk Edwards jauh lebih terkenal. Selain itu masih ada merk Navigator, dan juga Grass Roots yang memiliki harga dan kualitas dibawahnya.

Segitu dulu, besok dilanjut lagi ya.

 

Sumber dan gambar dari sini, sini, sini, sini, dan sini

2 thoughts on “Mengenal ESP Guitars – Part 1

    • Iya Om Ben, klo di barat rata2 yang pake band2 cadas semua. Besok dilanjutin lagi. Klo dijadiin 1 artikel kepanjangan:mrgreen:
      Thank’s udah mampir Om.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s