Website sebagai corong perusahaan. Penting ngga sih?

Siang masbro. Panas-panas gini enaknya kita ngerumpi:mrgreen: yuk, tapi yang positif tentunya. Sebenernya saya ini ga cuma hobi blogwalking klo waktu senggang, tapi juga mampir ke website-website produsen otomotif, cuma sekedar liat-liat produknya atau nyari-nyari informasi terbaru. Tapi ada sedikit yang mengganjal yang menjadi pertanyaan di benak saya. Seberapa penting sih website itu sebagai corong usaha? Ngga usah terlalu dalem pembahasannya. Ngga usah buka textbook segala. Yuk kita liat aja dengan kacamata orang awam seperti saya:

Front Page – AHM

Coba liat deh bro, line up yang terpampang besar di front page AHM adalah Tiger Revo. Produk yang udah facelift berkali-kali. Ibaratnya, Tiger ini seperti “Kijang”nya di Toyota. Emang sih Tiger punya komunitas roda dua terbesar di Indonesia. Tapi kan line up AHM sekarang udah banyak banget yang baru-baru. Kalau mau menjaring konsumen, kenapa ngga taro produk terbarunya aja? Misalnya CBR 250R.

Product Page – AHM

Yang muncul paling besar di halaman list produk AHM adalah CS1. Apa karena CS1 kurang laku? Klo menurut saya (murni pendapat pribadi), yang menjadi model di halaman ini harusnya adalah produk terbaru. Contohnya Spacy.

Frontpage – YMKI

Mio Soul menjadi model di halaman mukanya situs YMKI. Emang sih, Keluarga Mio menjadi penyumbang kas YMKI terbesar, tapi apa iya masih mau dijadiin tulang punggung keluarga? Untungnya di halaman muka ini ada rolling gambar produk-produk YMKI (walaupun kecil-kecil). Jadi orang awam bisa tau produknya apa aja tanpa harus pindah halaman.

Kesalahan Data Satria FU – Suzuki

Courtesy of rasahcangkeman - Kaskus

Ini salah satu kesalahan fatal yang baru aja banyak diperbincangkan di jagad blogsphere roda dua. Salah satunya di blog milik blogger senior: Mas Iwan Banaran. Kok bisa-bisanya ada kesalahan penulisan data spesifikasi sebuah produk? Emang ditulis manual? Untungnya menurut Kang Haji Taufik sudah direspon oleh Pak Paulus Firmanto dari Suzuki, dan sudah direvisi.

Website ngga niat jualan – KMI

Kaya' bukan corporate web

Website KMI ini yang paling amburadul. Bahkan kalah dari website Minerva yang notabene masih dibawah Kawasaki secara brand. Kacaunya desain website Kawasaki ini ngga akan saya singgung lagi, karena sudah pernah saya bahas disini.

Kesimpulannya

Kurang lebih itu aja contohnya masbro. Padahal dewasa ini website udah menjadi gerbang informasi utama bagi sebuah brand/produk. Bahkan lebih dari koran. Cuma terkadang awareness/visi ini tidak sampai ke level implementer (bawah). Misalnya web designer, jika website tersebut didevelop secara in-house. Atau bagian Marketing/PR, jika disubkan ke external provider. Untuk itu, disini pentingnya peran komunikasi internal perusahaan (ga nyambung ya?). Kenapa? Antara pihak manajemen dan karyawan harus satu visi. Tapi kadang visi itu ngga sampai ke karyawan. Sehingga karyawan ngga merasa memiliki. Taunya cuma kerja & gajian. Yang penting dapur ngebul. Padahal, berangkat dari hal kecil seperti dengan tampilan website yang menarik dan informatif, akan menjaring konsumen lebih banyak lagi. Artinya, akan lebih banyak profit bagi perusahaan. Ujung-ujungnya… Kesejahteraan karyawan meningkat. Setuju ngga bro? Gimana dengan di perusahaan tempat kerja masbro sekalian?

4 thoughts on “Website sebagai corong perusahaan. Penting ngga sih?

  1. memang Web KMI paling FaRah Mas Bro,, Bukan hanya tampilannya doang.. Isinya juga banyak salah,, keknya Saya juga pernah Post juga.. Heheheheh

    setuju Dengan Sampeyan Mas Bro, Sebenarnya Fungsi Web bagi usaha Sangatlah Besar / penting,, sebesar Porsi Iklan pada Produk..

    Lhaa Web kan termasuk Iklan ya..??!!

    PISS..

  2. Setuju banget masbro. Apalagi untuk web sekelas YMKI & AHM yg komunikasinya udah 2 arah. Hehehe… maklum saya 2x sekolah 2x tugas akhirnya marketing produk, jadi bawaannya agak gemes ama yg beginian:mrgreen:

  3. website penting banget mas bro, terutama buat yang bukan penggemar motor, karena pastinya enggak bakal menghabiskan waktu buat browsing di wordpress. paling yang dilihat bentuk sama harga aja. buat blogger biasanya perlu data HP, torsi dan berat dan foto buat dipajang
    nitip motor dulu mas bro:
    http://untaianmakna.wordpress.com/2011/06/24/penjualan-v-ixion-pasca-rilis-cbr-150r-adalah-penentu-masuknya-r15/
    http://untaianmakna.wordpress.com/2011/06/24/yamaha-melakukan-blunder-saat-memasukkan-byson/

  4. Pingback: Kerennya tampilan website YMKI yang baru « SPACE? Romantic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s