Ubah dudukan plat nomor Byson (lagi) yuk!

Mungkin sebagian dari Masbro udah pernah baca artikel saya tentang pembuatan dudukan plat nomor Byson di depan blok mesin disini. Ceritanya, saya bosen dengan posisi plat nomor di situ. Bosen dipelototin plokis mulušŸ˜›. Mungkin dia mo cari-cari kesalahan tapi ga bisa:mrgreen:. Tapi cari aman aja lah. Akhirnya diputuskan untuk pindahin ke bawah lampu seperti kawan-kawan Byonic lainnya. Tapi saya ngga mau kalau posisi plat nomornya memotong jalur sinar lampu utama. Akhirnya diputuskan untuk ditaruh benar-benar di bawah lampu. Cuma ada kendalanya nih masbro. Shock depan Byson terbilang pendek. Jadi kalau ada dudukan plat nomor disitu, pasti bakal mentok spakbor. Akhirnya… Saya putuskan untuk tetap pasang disitu. Saya pesan dudukan plat nomor dari Vixishop di Kaskus.

Ā 

Untuk pemasangannya, gampang aja:

  • Pertama-tama plat nomor dibolongin dulu untuk jalur bautnya. Karena pasti mentok, pastikan ujung bawah plat nomor tidak melebihi bibir dudukannya.
  • Klo udah dibolongin, sekarang tinggal pasang bautnya. Usahakan pakai baut yang pendek.
  • Selanjutnya kita buka baut segitiga bawah dengan kunci 14, lalu pasang dudukan plat nomornya.
  • Kalau sudah, tekuk sedikit dudukan + plat nomornya ke atas, supaya posisinya lebih horizontal. Ini saya lakukan untuk meminimalisir resiko benturan dengan spakbor saat ngerem mendadak. Tapi hati-hati, jangan terlalu kencang nekuknya, takut patah:mrgreen:.
  • Terakhir, lapisi bibir dudukan plat nomor dengan doubletape busa. Supaya kalau terjadi benturan ngga bikin baret spakbor. Walaupun sebenarnya kalau mentok sekeras apapun hanya menyisakan titik baret yang ngga lebih dari 3mm, ga akan bikin spakbor pecahĀ (sudah diuji coba).

Ā 

Jadi deh! Ngga sampe 1/2 jam. Sekarang udah ga cemas dipelototin plokis lagi:mrgreen:. Sorry ga ada foto hasil akhirnya. Malu, soalnya si Vijay belum mandišŸ˜›. Klo masbro berminat dengan dudukan plat nomor yang agak panjang (ngga persis di bawah lampu & ngga mentok), masbro bisa pesen di bro Radhit. Semoga bermanfaat bro.

9 thoughts on “Ubah dudukan plat nomor Byson (lagi) yuk!

  1. Satu hal yang perlu diingat bahwa Byson masih menggunakan udara / angin untuk mendinginkan mesin, jadi kalau kita tempatkan plat nomer tepat didepan mesin maka angin untuk mendinginkan mesin jadi berkurang alias tidak maksimal ( secara aerodinamyc tdk bagus…he.3x..ada turbulensi udara dibalik plat nomor selagi motor jalan..apalagi pabrik segaja pasang sayap kecil depan mesin fungsinya kan buat mengarahkan udara pedingin ke mesin …bukan begitu bukan…???), saya juga setuju bahwa penempatan nomer bawaan pabrik kurang manis dilihatapalagi plat nomer baru lebar buanget…jadi untuk sementara sambil nunggu wangsit saya pasang diatas dulu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s