Komik Cihuy Anak Band – Kitabnya anak band

Ceritanya 2 hari yang lalu saya ke Graha Cijantung. Itung-itung numpang neduh karena hujan yang lumayan sangat deras, mending ke Gramedia aja. Maklum, saya ini hobi baca komik. Komik yang lagi saya ikuti adalah Otoboke Section Chief karya Masashi Ueda (pengarang Kariage Kun & Kobo Chan, bukan yang pernah duet sama Reza. Itu Masaki Ueda :mrgreen:). Singkat cerita, abis dapet Otoboke-11, saya nemu komik yang judulnya cukup provokatif (buat saya) di deretan komik Indonesia. Judulnya Komik Cihuy Anak Band, karya Indra Prasta (vokalis) dan ilustrasinya dibuat oleh Aang Anggoro (drummer) dari band The Rain.

Courtesy of Goedang.com

Klo komentar-komentar di sampul dan halaman pertama komik yang bilang sangat lucu, dsb; buat saya itu bohong. Komik ini ga lucu-lucu banget, dibandingkan dengan komik-komik yang isinya benar-benar komedi. Tapi komik ini benar-benar realistis. Sebagai “mantan” anak band, tentu komik ini bikin saya senyum-senyum sendiri. Pasalnya saya sudah hampir 15 tahun bermain musik, jadi hampir semua kejadian di komik ini sudah pernah saya alami. Komik ini ngga hanya menceritakan seputar band saja, tapi dunia industri musik secara keseluruhan. Yang menarik buat saya adalah penggunaan nama-nama plesetan dari band/artis/alat musik yang sebenarnya seperti Eti Brokoli, Sheila on Senen, Agnes Monikah, Melly Galaw, Mic Syure, Drum Sonora, dll. Disamping itu, artworknya juga lumayan keren. Kiblat gambarnya seperti komik Lucky Luke.

Cuplikan salah satu cerita di Komik Cihuy Anak Band

Jujur, saya jarang menemukan komik lokal kualitas baik. Tapi yang ini patut dibanggakan. Komik ini diterbitkan dibawah Koloni Komik pada tahun 2010. Harganya juga ngga semahal komik-komik Jepang/Barat kok. Cuma dibandrol seharga Rp. 12.500,-. Klo masbro mau tahu kehidupan seputar industri musik itu seperti apa. Atau mau tahu lika-liku kehidupan anak band seperti apa. Atau mungkin cuma sekedar bernostalgia mengenang masa lalu (seperti saya :D). Saya rasa komik ini layak untuk menambah koleksi masbro sekalian. Klo boleh dirating… Mungkin saya kasih nilai 7 dari 10 (klo hurufnya ngga pake Comic Sans bisa saya kasih 7.5). Itu aja masbro, semoga bermanfaat.

One thought on “Komik Cihuy Anak Band – Kitabnya anak band

  1. Pingback: Komik Cihuy Anak Band – Kitabnya anak band « SPACE? Romantic - Website Kumpulan Dongeng, Cerpen, Cerita, Legenda, Asal-Usul, Sejarah, Komik, Sinopsis, Kisah dll

Leave a Reply

