Perkenalkan si Badak, jagoan ngeblogku

Tiap blogger punya cara yang berbeda-beda dalam menuangkan ide-idenya. Ada yang pake laptop, hp, tablet, puyer, kapsul, dsb😛. Kali ini saya mau sharing senjata andalan saya dalam ngeblog, yaitu Nokia E63 putih tahun 2009. HP ini hadiah “lekas sembuh” yang diberikan oleh ibu saya pasca kecelakaan Desember 2009 silam. HP ini tadinya punya ibu saya, cuma diberikan setelah melihat HP saya yang masih itu-itu saja sejak tahun 2006 (mungkin iba ngeliat anaknya pake HP butut :D). Maklum, saya bukan penggemar gadget. HP yang saya beli dari gaji pertama saya itu saja cuma Motorola L6. Itu pun gara-gara NGage QD yang udah saya pakai selama 3 tahun nyemplung ke mesin cuci & keputer tanpa sadar selama 30 menit:mrgreen:. Klo komputer saya ngga punya, dulu sih ada laptop Asus yang dibelikan oleh Bapak untuk keperluan studi S2. Tapi engselnya patah & VGA Cardnya rusak setelah 2 tahun dipakai “heavy duty” ke lapangan.

Udah beberapa kali ada wacana untuk mengganti HP ini dengan BB. Tapi berbagai pertimbangan urung membuat singgasana Si Badak ini digantikan. Alasan utamanya adalah email kantor yang menggunakan Ms. Exchange Server. Di HP ini saya bisa menggunakan fitur Exchange secara gratis, sedangkan di BB harus bayar paket Enterprise Service yang biayanya lebih mahal dari jatah pulsa saya per bulan. Selain itu Quick Officenya juga gratis, bukan trial 30 hari seperti Office to Go. Kalau kamera sih saya lebih mengandalkan kamera HP CDMA Nokia 3806, hasilnya jauh lebih jernih. Klo untuk upload artikelnya, masih saya percayakan sama Opera Mobile 11. Mekanismenya, biasanya saya menulis draft di Quick Office kemudian di-upload melalui Opera. Kalau ada gambar yang perlu diwatermark, biasanya saya lakukan di komputer kantor via Ms. Power Point. Klo ngga ada, biasanya artikel langsung saya publish via Opera. Cukup dengan program-program sederhana saja. Yang penting bisa jadi tulisan yang enak dibaca.

Kenapa disebut si Badak? Disamping keperluan teknis ngeblog, HP ini udah 2x berjasa menghindarkan paha saya dari luka-luka. Pasalnya saya udah 2x ndlosor bareng dalam rangka menjamah aspal Tanjung Barat & Cilandak. Dan 2x juga casingnya sampai baret-baret melindungi paha saya. Jadi, rasanya berat sekali untuk diganti. Walaupun ada rencana buat mengganti dengan HP Android yang secara fungsional lebih memadai.

Kesimpulannya, ide itu bisa dateng dari mana saja. So… Jangan takut untuk menuliskannya dimana saja. Ga perlu gadget yang canggih-canggih. Yang penting cepat, praktis, dan memenuhi kebutuhan masbro sekalian. Bahkan klo perlunya cuma sekedar secarik kertas & pulpen, kenapa ngga??? Seperti halnya klo kita ke J.Co, pasti dikasih tissue yang ada pattern garis-garisnya seperti buku tulis. Katanya sih untuk nulis ide-ide kita. Tapi herannya tiap saya ke J.Co kok ga pernah dikasih pulpen ya?:mrgreen:. Itu aja masbro, mudah-mudahan bisa jadi inspirasi menulis masbro sekalian. Monggo dishare komentarnya.

4 thoughts on “Perkenalkan si Badak, jagoan ngeblogku

  1. PERTAMAXX LAGEEE
    mang hp bisa dipake ngeblog mas?bisa langsung aplod gambar?klo hp ane lebih jadul lagi, nokia 7710 touchscreen ma 9300i.klo bisa mo nyoba juga kapan2
    SALAM KARET BUNDARâ„¢

    • Bisa banget masbro. Bisa ikut cara saya, bikin draftnya dulu di Office / memo / di tempat sms. Trus untuk uploadnya tinggal dicopas opera mini/mobile. Enaknya klo wordpress ada pilihan mobile view atau full site view. Klo inetnya kenceng, mending pilih tampilan full site & bisa masuk ke backendnya. Dari situ bisa upload gambar. Klo ngerti HTML, ngerapiin tampilan tulisan & gambarnya bisa langsung pilih tampilan HTML & tulis kodenya. Klo mau upload artikel ga pake gambar, mending masuk ke m.wordpress.com. Lebih praktis.

      Banyak cara buat ngeblog masbro. Klo mo pake HP ga perlu pake yg canggih, asal ada tempat nulisnya, browser, & gprs; jadi deh satu artikel.😀 Saya juga klo bales komen slalu lewat HP. Biasanya saya upload lewat komp itu klo artikelnya banyak gambar & video. Soalnya klo dari HP berat & lelet. Tapi draft tulisannya pasti saya tulis & upload dari HP, sampe kantor tinggal colok ke komputer, tambah gambar, & publish. Coz biasanya dapet ide nulis itu klo udah di rumah, pas pulang kerja.

  2. ckckck mantep nih bro Angga. Ini yg namanya blogger tulen. Apapun medianya ora jd masalah. Klo saya pakai hp soale ora puas mzbro. Khususnya buat preview. Salut deh klo sampeyan bisa. Keep writing mzbro…

    • hehehe… Trima kasih mas. Pengennya sih pake laptop/tablet, tapi rejekinya masih otw mas, blm nyampe ke tangan saya:mrgreen:
      Keep writing juga mas. Klo bukan karena sering mampir ke blognya Mas Iwan di akhir 2010an, mungkin saya ngga pernah inget klo pernah punya blog di wordpress. Berkat sering baca tulisan Mas Iwan, saya jadi kepengen nulis lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s