TUTORIAL pembuatan Rear Disk Brake (RDB) – By BYONIC

Sebelumnya, artikel ini saya copas dari sini. Sharing yang sangat bagus dari Kaskuser yang tergabung di Byonic dengan nickname GRANDTRUSMO. Selamat membaca!

Sebelum mengaplikasikan RDB ke kebo kesayangan baiknya kita memperhatikan beberapa hal yaitu :

  • Mengetahui Macam2 RDB yang berada di pasaran contoh beberapa RDB yang berada di pasaran (Contoh: KTCPSM, Nissin, dll.)
  • Setelah mengetahui berbagai macam RDB sesuaikan dengan konsep modifikasi kita.
  • cari bengkel yang berpengalaman dan mau memberikan garansi serta menjamin RDB hasil modifikasi-nya kalo engak lupakan bengkel itu cari yang lain.
  • Siapkan Dana.
  • Luangkan waktu untuk mengamati setiap prosesnya jangan sampai ada cacad pada kebo kesayangan kita.
  • Usahakan pada setiap modifikasi minimalisir unsur merusak orisinalitas seperti mencoak, bor, dan mengelas sebisa mungkin hanya sedikit dan dapat di ubah ke standard lagi karena sangat mempengaruhi harga jual kembali.

Berikut adalah gambar aplikasi RDB kepada yamaha BYSON kepunyaan TS dan hasilnya sampai saat ini sangat memuaskan.

courtesy of GRANDTRUSMO

Modifikasi yang saya lakukan adalah :

  • Bor veleg agar baud adaptor dapat mengunci adaptor dengan manis di tempatnya JARANG SEKALI modifikator yang tidak melakukan hal ini sehingga sangat normal sekali melakukan bor veleg dalam mengaplikasikan RDB
  • Memotong dan mengelas paha rem agar rear fender tidak di coak sebagai pertimbangan harga paha rem byson adalah Rp.21.000 dan harga rear fendernya adalah Rp.28.000 jadi saya lebih memilih memotong paha rem.
  • Sedikit mengelas pada bagian pedal rem dan arm.

Segitu aja masbro. Semoga bermanfaat.

Note: This article is courtesy of GRANDTRUSMO@kaskus.us, dengan sedikit edit untuk keperluan layouting.

8 thoughts on “TUTORIAL pembuatan Rear Disk Brake (RDB) – By BYONIC

    • gk msti mahal dit, yg penting presisi…vixor drumah ane pake KW china (msih mending KW nissin) coz merk kaliper ny aja pake ukir (kyk di ketok pake paku) wkwkwkwk, dh ampir setahun pemasangan ampe skrg top markotob…bahkan mekanik BERES yg service tuh motor brtanya-tanya pasang dmn, biaya brp melongo gk percaya ane bilang habis Rp.356.000,-
      komplit trima beres…ban di putar lancar jaya kyk ban depan…inti nya 1 aja…PRESISI…xixixixi

        • gak msti ad harga ad rupa, selama dikerjakan dgn presisi dijamin top cer…coz prnah ktemu sesama pemake vixion dia pasang cakram belakang paketan satria 120R, asli komplit 1 set dia beli dr reseller jakarta ama ongkos kirim 1,2 juta…tpi roda di putar macet, di rem trasa ajrut-ajrutan bin gak pakem…ane cuma bs ngasih saran komplain lg ke bngkel yg pasang, minta cek ukur ulang colar + braket kaliper + dudukan adaptor cakram jgn nempel di bibir tromol msti masuk ke dalam <— 3 hal ini sbner ny yg jd kunci rem cakram belakang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s