Anak di bawah umur sudah naik kendaraan bermotor? Dimana tanggung jawab orang tuanya?

Masbro, banyak sekali orang tua yang tidak sadar telah membahayakan anaknya dengan memperbolehkan mereka membawa kendaraan bermotor (entah itu motor/mobil, yang jelas ga mungkin dump truck) sendiri. Fenomena ini sebenarnya bukan hal baru. Dari jaman saya SMP 16 tahun yg lalu juga sudah ada. Malah banyak dikalangan teman sekolah saya kala itu yang bawa motor (untuk kalangan menengah) & bawa mobil (untuk yang tajir). Ngga sedikit pula yang ”nembak” KTP dan SIM. Kala itu memang mudah sekali melakukan pemalsuan seperti itu. Untungnya saya ngga pernah diperbolehkan bawa kendaraan sendiri sampai saya punya SIM (resmi). Ya… Walaupun umur 13 tahun saya udah punya paspor sendiri (klo yang ini nembak :P).

Saya jadi tergerak untuk menulis hal ini setelah tadi siang atasan saya langsung, mendapat kabar anaknya kecelakaan motor. Kaget banget! Pasalnya seingat saya anaknya masih SD, perempuan pula. Memang sih BB (Bu Bos, begitu saya memanggilnya) baru-baru ini beli motor matic yg udah facelift sekian kali, cuma saya ngga nyangka aja klo motor itu dipakai oleh anaknya. Sebelum beliau meninggalkan ruangan untuk menjemput anaknya, saya sempat ditunjukin fotonya. Tampak tulang kering sang anak bengkak cukup besar. Entah bagaimana kondisinya. Mudah-mudahan ngga sampai ada fraktur, cuma memar aja.

 

Tanggung jawab & cara orang tua dalam mendidik anak rasanya patut dipertanyakan. Jangan karena merasa mampu membelikan, atau ngga tahan dengan rengekan anak, akhirnya berujung bencana. Kalau sudah begini, baru deh orang tuanya nyesel sudah membiarkan anaknya yang masih di bawah umur bawa kendaraan sendiri. Itu aja masbro. Buat masbro yang udah punya anak coba diberi pengertian anaknya supaya ngga bawa kendaraan bermotor sebelum waktunya. Biasanya anak-anak pra-remaja emosinya masih labil (ababil klo kata anak jaman sekarang), ngga kenal sama yang namanya safety riding. Klo anaknya udah kadung bisa bawa motor, yah dikasih pendidikan safety riding aja. Klo perlu disalurin bakatnya biar jadi bibit unggul pembalap nasional. Ngerawat anak lebih susah dari ngerawat kendaraan. Ngga ada garansi dealer & spare partnya. Keep safety riding.

Note: Gambar hasil searching di google & pinjem dari blognya mbah dukun. Gambar asli masih di hp empunya. Tadinya mau minta tapi ngga enak hati😛

5 thoughts on “Anak di bawah umur sudah naik kendaraan bermotor? Dimana tanggung jawab orang tuanya?

    • Banget masbro, di kantor saya aja ini udah ke-3xnya ada karyawan yg anaknya (di bawah umur) kecelakaan motor. Sedih banget. Entah apa yg ada di kepala orang tuanya.

    • Dulu saya pernah merengek2 minta dibelikan FXR juga ga dikasih sama Bapak. Tapi sekarang baru kerasa manfaatnya. Bawa motor yg notabene beli sendiri pas udah kerja aja ndlosornya sampe 2x. Gimana klo saya udah bisa bawa motor dari sekolah dulu? Anyway, terima kasih udah mampir mas.

      PS: Klo ada survey lagi ajak2 dong, jgn dimakan sendiri aja😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s