Kasus terbakarnya Grand Livina Januari lalu, ternyata dalangnya adalah Chamois

Masbro sekalian, siapa sangka kain lap chamois yang biasa kita kenal dengan sebutan kanebo ini bisa menyebabkan kerugian ratusan juta. Pasalnya, berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim dari kantor saya, salah satu pemicu terbakarnya mobil Grand Livina di tol Slipi 17 Januari lalu adalah lap chamois yang tertinggal di dalam kap mesin mobil. Disinyalir kasus ini berawal dari penggunaan fog lamp yang overload. Seperti kita ketahui Penggunaan foglamp di malam hari memang sangat membantu penerangan kendaraan. Tak jarang kendaraan (khususnya mobil keluaran baru) banyak yang menggunakan foglamp sebagai penerangan malam hari. Posisi foglamp yang berada di bawah lampu utama sangat membantu untuk menampakkan wujud permukaan jalan.

Sudah menjadi rahasia umum juga kalau foglamp ini panas. Disinilah sumber malapetakanya. Chamois yang tertinggal di dalam kap mesin (tepatnya diatas batok lampu) makin lama semakin kering seiring dengan semakin memanasnya suhu kap mesin. Dengan panas yang dihasilkan oleh mesin & kabel lampu, maka simsalabim…. terbakarlah sudah! Laporan ini berdasarkan hasil investigasi dari Bapak Adrianus Pangaribuan, seorang Manager di bidang Fire & Explosion Investigation yang kebetulan rekan sekantor saya.

Ternyata chamois juga bisa berbahaya

Sekalian promosi nih, saat ini saya juga sedang membuka lowongan untuk posisi Fire & Explosion Investigation Engineer. Tentu saja syarat utamanya adalah lulusan S1 Kimia. Klo masbro ada yang berminat, silahkan cantumkan email masbro di bagian komentar, nanti saya hubungi. Atau juga bisa lewat website MLD.

Sebagai penutup, saya sertakan artikel dari Car & Tuning Guide yang mencakup artikel tentang ini. Silahkan dibaca disini. Jangan lupa dikomentari ya.

2 thoughts on “Kasus terbakarnya Grand Livina Januari lalu, ternyata dalangnya adalah Chamois

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s