Pulsar 220 di 18.6 juta, sudah tepatkah?

Jujur aja nih masbro, pembrojolan P220 dengan harga 18.6 juta membuat saya kecewa. Kemahalan? Ngga kok! Justru kemurahan. Kenapa? Keputusan ini seolah2 membuat BAI mengamini 3Snya yang masih kedodoran, atau setidaknya membuat orang seperti saya berpikir ”emang kualitasnya jelek ya? Kok murah amat?”. Pasalnya keputusan 18.6 juta itu bagaikan pisau bermata dua. Berikut opsi 2 mata pisau yang saya maksud:

  • Bagi konsumen yang kurang paham motor mungkin akan berpikir, ”wah murah, fiturnya banyak, pilih yang ini aja”.
  • Bagi konsumen yang lebih advance mungkin akan berpikir, ”Murah kali?! Trus kualitasnya gimana?”
  • Bagi penyemplak P200, ”Wah produk gw udah diskontinyu, kira2 nyari spare partnya gimana? Ga diskontinyu aja susah apalagi udah diskontinyu?”
  • Bagi Penyemplak pulsar baru, ”Sial, baru bulan lalu gw beli UG4, sekarang keluar yang murah tapi naik kelas”, atau “Gila! Gara2 P220 harga baru motor gw terjun bebas!”

 

Kira2 begitu kurang lebih menurut pemikiran saya. Lalu, kenapa ngga pasang di 19.5 atau 20 juta aja sih? Toh diharga segitu pun secara value masih lebih unggul dari produk Jepang. Dan yang penting ngga bikin para Value Customer Bajaj kecewa. Saya yakin banyak yang dirugikan “secara hati” dengan harga baru P220 ini. Apalagi bisa dibilang Bajaj hidup dari komunitas2 pengendaranya.

 

Padahal kalau P220 dibanderol sedikit lebih tinggi, kelebihannya bisa dimanfaatkan BAI untuk memperluas jaringan 3Snya, atau meng-encourage pasar dengan produknya. Apalagi dengan adanya bencana tsunami yang menimpa Jepang saat ini, walaupun kiblat AHM lebih kepada Honda Thailand, dengan lumpuhnya Honda di Jepang otomatis membuat jalan pabrikan ini terganggu. Lalu, apakah pabrikan non Jepang seperti Bajaj akan diam saja? Wah… Sayang sekali kalau moment ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Kalau kita bicara tentang musibah, tentu pemikiran saya ini sangat tidak manusiawi. Tapi kalau sudut pandangnya adalah bisnis, berbagai macam cara pasti akan dilakukan untuk meningkatkan profitabilitas. Itu aja masbro pendapat saya. Gimana dengan pendapat masbro sekalian? Monggo dishare di mari. Tapi yang akur ya😀

Gambar: Nyolong dari blognya Mas Iwan Banaran

9 thoughts on “Pulsar 220 di 18.6 juta, sudah tepatkah?

    • Emang NMP juga begitu ya masbro? Soalnya saya kurang mengamati. Klo pabrikan sekelas AHM sih saya no wonder masbro. Lha BAI? Kan masih merangkak naik, adanya value customer sangat berpengaruh. Kalau ga bisa maintain value customer dengan baik bisa celaka. Btw terima kasih sudah mampir.🙂

  1. tentu BAI sudah punya pertimbangan sendiri dan pasti sudah memikirkan segala sesuatunya, overall…. ulasannya masuk akal dan banyak yang menanyakan harga segitu, tapi alsannya ya masuk akal juga dari pihak bajaj..

    • Klo analisanya produsen kan pake data & rumus mas Tri, pasti angka segitu udah hasil semedi 7 hari 7 malem. Sedangkan klo analisanya “ex. calon customer” kaya saya cuma pake hati, antara tega & kejam. Hehehehe….😀

  2. masuk akal juga alasannya. ini jurus BAI menjaring konsumen baru seluas-luasnya. apalagi dengan beda 1,5 jutaan dengan harga di india. menarik sekali. karena merk asli india tanpa embel2 honda/yamaha india aka. jepang brand in india. saya rasa embel2 merk honda/yamaha india jadi terkena double lisensi. 1 dari india, 1 dari jepang.

    ingat juga saat NMP keluar lebih murah dari MP lama. tapi itu dengan 10 cc lebih rendah. tapi dilihat dari harga di india bisa beda sekitar 5 juta. yah kira2 perbedaan harga sama seperti byson

  3. ha ha makin rame ntar pulsar d jalan..bntr lagi keluar x bebek pulsar 7 juta wkwkwkwkwkwk tapi saya dah pinang 2h pzzo …keep safety riding bro..sopan santun d jalan

Leave a Reply

