Pedrosa, Stoner, & Dovi untuk CBR 250R? Bakalan seru nih!

Pagi Masbro. Semalam sebelum tidur iseng2 baca blog mas yudibatang tentang akan hadirnya trio ksatria Honda Repsol ke Indonesia pada 25 Februari 2011 nanti yang disinyalir untuk launching CBR 250R yang gembar-gembornya udah terasa sejak awal tahun ini, saya jadi kepikiran pas bangun tidur tadi & langsung ketak-ketik pake HP semua yang ada di pikiran saya buat dituangkan di blog ini. Memang info ini bukan berita akurat, cuma tebak2an khas blogger aja (cuma biasanya bener)😀. Tapi kalau memang betul begitu, ini akan menjadi pukulan telak bagi para ATPM lokal lainnya, terutama YMKI. Lho, kenapa YMKI? Yang bakal head-to-head dengan CBR 250R kan Ninja 250R? Yup, betul sekali. Memang Ninja 250R yang akan menjadi rival CBR 250R. Tapi saya rasa hal ini tidak akan terlalu berpengaruh bagi Kawasaki. Seperti kita ketahui, pasar Kawasaki sangat segmented sekali. Kawak punya customer loyalnya sendiri. Bisa dibilang, orang yang sudah pernah beli Kawasaki yang pasti akan beli Kawasaki lagi. Brand ini cukup handal dalam menjaga ke-prestisius-an produknya. Sebut saja Ninja 150L & 150RR yang sudah cukup lawas tapi masih saja diproduksi & banyak peminatnya.

Balik lagi ke YMKI. Kenapa YMKI? Masbro semua pasti sudah banyak yang tahu kehadiran J-Lo a.k.a Jorge Lorenzo di Indonesia beberapa waktu lalu untuk menyambangi para fansnya sekaligus launching varian baru Yamaha Lexam. Menurut pendapat saya pribadi, ini sangat disayangkan. Kenapa harus Lexam? Memang Lexam dikeluarkan untuk memperlambat laju Revo AT. Tapi, apa laju pertumbuhan Revo AT secepat itu juga? Saya rasa tidak. Karena betik merupakan segmen baru yang belum jelas ceruknya. Jadi buat apa buru2 dihadang? Justru laju matic, bebek & motor sport Honda lah yang perlu dibendung. Varian matic pasukan One Heart ini memang “gila”. Semua segmen ada jagoannya. Mulai dari sportynya BeAT, retronya Scoopy, maskulinnya Vario, sampe elegannya PCX. Sebagai bekas penyemplak Yamaha, saya dibuat miris ngeliatnya. Di kelas Matic, garpu tala KO. Bagaimana dengan kelas bebek? Angka pastinya saya kurang tahu. Tapi tampaknya hasilnya akan beda2 tipis. Sepertinya hanya Absolute Revo & Blade yang menjadi icon utama Honda. Begitu juga dengan Yamaha, varian Jupiter masih jadi andalan. Kalau di motor sport tampaknya saat ini YMKI boleh bernapas lega. Indenan Byson yg mencapai 1 kuartal rasanya cukup untuk membendung laju NMP. Klo Tiger, Scorpio, & V-ixion sih ga usah disebut lah, kan produk lama.

Lalu, apa hubungannya dengan ketiga rider Honda yang akan datang ke Indonesia? Kalau memang benar Three Musketeer itu datang untuk launching CBR 250R, secara tidak langsung tentu akan berpengaruh terhadap produk Honda yang lain (semacam efek domino). Walaupun YMKI tidak punya varian di line-up yang sama, tapi sebagai kompetitor utama, tentu akan memukul line-up YMKI lainnya. Apalagi klo sampai ada iklannya. Masih ingat jaman pertama kalinya Rossi muncul di iklan MX? Mungkin itu bisa dibilang saat2 emasnya Yamaha. Kenapa? Bayangkan saja, sampai Mio yang sudah berkali-kali ganti baju pun laris terjual karena dampak dari image motor cepat yang dibawa sang legenda. Kesempatan ini lah yang menurut saya saat ini sangat disayangkan. Kenapa harus launching Lexam? Padahal J-Lo bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Misalnya iklan Byson atau motor sport lainnya. Bahkan iklan New Jupie MX pun tidak menggunakan jasa sang juara dunia 2010 ini. Apa mungkin karena MX identik dengan Rossi? Saya rasa tidak harus seperti itu. Klo memang harus ganti image kenapa tidak? Yamaha sekarang punya Spies kok, kenapa tidak dimanfaatkan sebagai icon baru untuk sebagai pendamping Lorenzo? Walaupun jujur dulu saya pilih Yamaha karena Rossinya. Sedangkan di iklan terbaru Yamaha dengan J-Lo, saya lihat tidak spesifik ke satu produk, tapi ke kualitas mesin Yamaha. Agak kecewa sih. Karena ini bukan saatnya ngomong seberapa bagus kualitasnya, tapi ngomong varian produk apa saja yang kita punya. Mudah2an iklan Lorenzo yang terbaru itu bukan satu2nya jurus YMKI.

 

Akhir kata, saya rasa YMKI & ATPM lainnya harus bersiap2 mengantisipasi sebelum kemunculan Pedrosa, Stoner, & Dovi di iklan produk Honda. Kalau sampai benar ini terjadi, bisa dipastikan marketshare di sebagian besar varian akan bergeser drastis. Klo udah begini, baru deh kebakaran jenggot😛. Kita lihat saja nanti Masbro. Selamat beraktivitas.

Sumber: Analisa sendiri berdasarkan ide segar saat bangun tidur di pagi hari, bukan hasil analisa data & bukan pula hitungan matematika. Jadi harap maklum kalau ulasannya ngga lengkap.

Gambar: Nyomot dari Motogp.com, blognya Mas Iwan, blognya Mas Tri, sama dari Mbah Gugel

2 thoughts on “Pedrosa, Stoner, & Dovi untuk CBR 250R? Bakalan seru nih!

    • Pastinya masbro. Tampaknya memang benar bakal dateng. Sumber berita ini rasanya cukup dipercaya. Cuma maksud kedatangan & jadwal kegiatannya yang masih simpang siur. Anyway terima kasih sudah mampir masbro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s