Mengapa Permission Marketing Sangat Diperlukan Bagi B2C?

Permission marketing? Apa sih permission marketing? Permission Marketing merupakan pendekatan marketing yang diperkenalkan oleh Seth Godin melalui bukunya Permission Marketing: turning strangers into friends, and friends into customers. Pendekatan ini dimaksudkan untuk membantu konsep tradisional marketing mix “Product, Price, Place, & Promotion” yang saat ini kurang dapat menunjang program marketing modern. Pendekatan seperti apa yang dilakukan oleh Permission marketing? Permission Marketing merupakan teknik marketing terhadap pelanggan setelah pelanggan menyetujui untuk dikirimi informasi produk yang sesuai dengan selera pelanggan tersebut.

B2C merupakan bisnis yang berhubungan langsung dengan customer dimana customernya tersebut merupakan end user. Umumnya, customer mengunjungi sebuah website untuk mencari sesuatu yang menarik baginya. Di website inilah permission marketing dilakukan. Pemberian ijin (permission) oleh customer dapat dilakukan melalui pengisian form atau kuesioner yang dirancang untuk mengetahui minat dan mendapatkan persetujuan customer. Selanjutnya, dengan adanya permission marketing maka suatu bisnis dapat memberikan information feed kepada customernya dengan bebas dan efektif sesuai dengan minat masing–masing customer. Information feed yang diperoleh customer dapat berupa newsletter, email, dll.

Mengapa Permission marketing sangat diperlukan bagi B2C? Permission marketing merupakan salah satu etika dalam memasarkan suatu produk/jasa. Tujuannya agar customer merasa nyaman dengan informasi yang diberikan dan keberadaannya tidak membuat customer merasa terganggu. Tidak seperti spam/junk mail, dengan metode permission marketing informasi yang disampaikan akan menuju kepada target customer yang tepat, karena informasi yang disampaikan berdasarkan persetujuan customer, sehingga marketer tidak dianggap sebagai spammer.

Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Permission_marketinghttp://mavens-group.com/index.php?page=article/index&ArticleID=18http://hannysanjs.multiply.com/journal/item/43http://belajar-yok.blogspot.com/2008/12/permission-marketing.html.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s