Industri Komputer di Indonesia (Past, Present, & Future)

Saat ini teknologi komputer sudah berkembang dengan pesatnya. Dari era Pentium di tahun 90an hingga era Core saat ini. Indonesia, khususnya Jakarta merupakan daerah yang mengalami perkembangan yang sangat cepat. Industri komputer ini pun ikut berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi. Dahulu, jika seseorang ingin membeli komputer, baik itu yang bermerek atau yang jangkrik (baca: rakitan), mereka harus mendatangi toko-toko komputer seperti di daerah pusat elektronik seperti Glodok, Mangga Dua, dll; Memesan, kemudian toko tersebut akan menyiapkan atau pun merakit komputer sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Katakanlah seperti toko Laser Komputer di daerah Bendungan Hilir yang cukup terkenal pada saat itu. Hal ini disebabkan karena kebutuhan komputer yang cukup rendah, dan pada saat itu komputer masih merupakan barang yang cukup mahal dan tidak semua orang punya.

Kemudian pada akhir 90an dimana teknologi internet sudah mulai berkembang di Indonesia, mulailah bermunculan toko-toko komputer online seperti Bhinneka.com dan Glodokshop.com yang menawarkan cara dan pengalaman berbelanja komputer yang baru. Hanya dengan melakukan pemesanan melalui internet, maka orang akan dapat dengan mudah membeli sebuah perangkat komputer. Dari komputer merek terkenal hingga ke komponen-komponen dan aksesoris-aksesoris yang dijual terpisah. Cara pembayaran yang ditawarkan pun bermacam-macam, dari mulai dengan menggunakan kartu kredit, transfer rekening bank, hingga pembayaran di tempat (Cash on Delivery). Selain itu toko-toko online tersebut juga membuka toko-toko secara fisik, sehingga pelanggan juga dapat mengunjungi langsung toko-toko mereka. Sistem penjualan seperti ini masih bertahan hingga sekarang dan cukup banyak diminati, khususnya untuk orang-orang yang malas bepergian ataupun untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pengadaan barang secara cepat.

Walaupun sudah menggunakan sistem online, tetapi sistem belanja seperti ini belum sepenuhnya online. Hal ini juga disebabkan oleh tingkat keamanan transaksi online di Indonesia masih rendah.

Kedepannya, industri komputer ini diharapkan dapat lebih maju lagi. Tidak hanya dapat memesan barang melalui internet, tetapi pelanggan juga dapat “merakit” komputer secara online. Didukung dengan database yang besar dan selalu diupdate, toko-toko komputer online dapat membuat simulasi untuk perakitan komputer. Tidak hanya sekedar merakit, tetapi juga dapat memberikan saran komponen-komponen apa saja yang sebaiknya digunakan dan compatible satu dengan komponen yang lainnya.

Selain itu, dengan dirancangnya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik di Indonesia yang “katanya” masih banyak kekurangan di sana-sini, diharapkan dapat lebih menjamin keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi secara online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s