6 e-Business Key Strategic Decisions untuk Online Retailer

Apa sih definisi dari Strategi? Strategi adalah formulasi dan seleksi dari untuk mencapai tujuan yang strategis. Bingung? Sama dong!šŸ˜€ Gampangnya, karena strategi itu merupakan formulasi dari visi dan tujuan, jadi strategi dapat dirubah/direvisi jika visi dan tujuannya juga mengalami perubahan.

Di dalam e-business, ada 6 key strategic decisions. Untuk mempermudah pembahasan 6 key strategic decisions ini, saya akan menggunakan PT Bhinneka Mentari Dimensi atau yang biasa kita kenal sebagai www.bhinneka.com sebagai contoh.


Decision 1: E-business channel priorities

Di dalam e-business channel priorities, strategi yang digunakan oleh Bhinneka.comĀ  adalah ā€˜Click and Mortarā€™, yaitu gabungan antara transaksi online, offline, dan customer service. Seperti kita ketahui, di Bhinneka.com kita dapat berbelanja dengan cara pemesanan barang melalui website atau telepon ke Customer Servicenya, selain itu kita juga dapat berbelanja langsung dengan mengunjungi toko-toko Bhinneka.com yang tersebar di seluruh Jakarta.


Decision 2: Organizational restructuring and capabilities

Di dalam organizational restructuring and capabilities, Bhinneka.com menggunakan strategi ā€˜In-house division (integration)ā€™, dengan pendekatan integration akan lebih mudah untuk mencapai economic of scale, dimana efisiensi dari pembelian dan distribusi lebih mudah dicapai. Selain itu, Bhinneka.com didukung oleh TIKI JNE untuk menopang dari sisi distribusinya, dan juga CBN sebagai providernya.


Decision 3: Business, service, and revenue models

Untuk business, service, and revenue models Bhinneka.com, maka saya mencoba untuk membaginya ke dalam 3 bagian:

  • Marketplace position: Posisi Bhinneka.com adalah sebagai Reseller/retailer (intermediary), karena produk-produk yang ditawarkan bukanlah produk-produk yang diproduksi sendiri oleh Bhinneka.com.
  • Revenue model: Revenue model dari Bhinneka.com yaitu Commission-based sales, dimana tentunya Bhinneka.com akan mendapatkan keuntungan (komisi) dari produk-produk merek terkenal yang dia jual.
  • Commercial model: Commercial model dari Bhinneka.com adalah Fixed-price sale, karena harga yang ditawarkan di website Bhinneka.com adalah harga yang pasti, walaupun harga tersebut dapat berubah-ubah tergantung kepada kurs dollar yang berlaku saat ini.


Decision 4: Marketplace restructuring

Di dalam marketplace restructuring dibagi menjadi 2 sisi, yaitu sell-side dan buy-side.

  • Sell-side: Bhinneka.com merupakan Online Intermediary dari produk-produk komputer merek terkemuka. Transaksi terjadi di website Bhinneka.com, walaupun pembayarannya dilakukan secara offline. Selain itu, Bhinneka.com juga menjadi retailer dari produk-produk tersebut, baik secara online maupun penjualan melalui toko-toko Bhinneka.com yang tersebar di Jakarta.
  • Buy-side: Untuk buy-side, umumnya produk-produk yang ditawarkan oleh Bhinneka.com langsung diambil dari distributor besar ataupun produsennya langsung. Transaksi ini dapat dilakukan secara online maupun offline.


Decision 5: Market and product development strategies

Strategi yang digunakan oleh Bhinneka.com dalam pengembangan market dan produknya adalah Market penetration strategies. Dengan strategi ini, Bhinneka.com dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya dan memberikan nilai tambah dari setiap pelayanan yang diberikan. Misalnya, saya adalah seorang pelanggan Bhinneka.com yang ingin membeli produk secara online. Posisi saya ada di daerah Fatmawati (Jakarta Selatan). Ketika saya memesan produk yang saya inginkan, Bhinneka.com dapat langsung menghubungi toko Bhinneka.com yang terdekat dari lokasi saya, sebut saja Poin Square Lebak Bulus atau Ratu Plaza untuk melakukan pengecekan. Jika produk yang saya inginkan ada di toko tersebut, maka Bhinneka.com dapat langsung mengirimkan melalui toko tersebut. Sehingga proses pengiriman akan jauh lebih cepat. Dengan begitu, pelanggan akan merasa pelayanan yang diberikan oleh Bhinneka.com benar-benar memuaskan.


Decision 6: Positioning and differentiation strategies

Pada Positioning and differentiation strategies, ada 4 option dari strategic focus untuk mengetahui posisi perusahaan di pasar online, yaitu Product performance excellence, Price performance excellence, Transactional excellence, dan Relationship excellence. Untuk perusahaan retail online seperti Bhinneka.com, berikut ini beberapa option yang bisa diterapkan.

  • Product performance excellence: Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan online product customization. Misalnya, di Bhinneka.com kita dapat menambahkan bisnis onlinenya dengan fitur perakitan PC secara online. Sehingga pelanggan dapat membeli sebuah PC dengan spesifikasi yang dia inginkan.
  • Transactional excellence: Bhinneka.com dapat menambahkan informasi mengenai jumlah barang yang tersedia, atau di lokasi toko mana saja barang tersebut tersedia. Sehingga pelanggan dapat mengetahui apakah dia perlu melakukan transaksi secara online, atau mungkin jika lokasi toko tempat barang yang dia cari dekat dengan posisi dia berada, dia dapat langsung mengunjungi toko tersebut.
  • Relationship excellence: Bhinneka.com dapat membuat database pelanggan yang menyimpan historical sales order pelanggan, bagaimana transaksi dilakukan, kepuasan pelanggan, alamat pengiriman, dsb. Sehingga pelanggan tidak perlu lagi melakukan konfirmasi ulang mengenai lokasi pengiriman dsb. Hal ini tentu akan mempercepat proses transaksi.


Kesimpulan…

Keenam strategic decisions tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari visi dan tujuan perusahaan. Saya hanya menggambarkan sedikit bagaimana keputusan strategis yang dapat diambil oleh sebuah perusahaan online retailer. Lalu… apakah keputusan strategis ini dapat dirubah? Tentu, kembali lagi kepada visi dan tujuan perusahaan. Keputusan strategis ini harus dirubah bilamana sudah tidak dapat mengakomodir dalam mencapai visi perusahaan.

Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s