Siapa yang salah?

 Beberapa hari yang lalu saya pulang dari kampus sekitar pukul 22.00. Kondisi jalan cukup ramai. Ketika di Jalan raya Kalimalang tepatnya di depan Giant supermarket, ada sebuah vespa yang jalannya agak tanggung (pelan tapi jalannya agak ke tengah). Saya yang menggunakan skuter matic mencoba untuk mendahului. Tiba-tiba jarak sekitar 10 meter ke depan ada 2 orang ibu-ibu menyeberang jalan. Yang satu menggunakan pakaian hitam. Saat itu kondisi lampu jalan mati. Karena saya lihat ibu-ibu ini agak takut untuk nyeberang, jadi saya banting motor ke kiri tepat di belakang vespa tadi untuk memberi jalan kepada si ibu.

 Ketika saya telah melewati si ibu tadi, tiba-tiba saya mendengar suara benturan yang sangat keras. Saya lihat di kaca spion salah satu dari ibu tadi (yang memakai baju hitam) terjatuh karena ditabrak oleh motor. Tetapi karena gerbang komplek saya sudah di depan, jadi saya terus melanjutkan perjalanan.

 Question:

Dimana letak kesalahan dari kejadian tabrakan tadi?

  • Apakah karena lampu jalan yang mati sehingga pengendara motor di belakang saya tidak melihat si ibu itu? Padahal jika pengendara tersebut melihat motor saya yang mengambil jalur kiri seharusnya dia bisa melihat si ibu tadi.
  • Apa karena ibu itu memakai pakaian hitam sehingga tidak terlihat?
  • Apa pengendara motor di Jakarta saat ini semakin beringas? Karena kalau diperhatikan saat ini pengendara motor semakin tidak mematuhi aturan, yang berhenti di depan lampu merahlah, mengambil jalur yang berlawananlah untuk mendahului, kadang sampai 2-3 baris di kanan.

 Saya tidak bermaksud untuk sok suci, tapi karena saya juga mengendarai mobil jadi kalau sedang mengendarai motor, saya selalu berhati-hati karena saya tahu kesalnya jika mobil tersenggol motor walaupun cuma sedikit.

Leave a Reply

