Dudukan plat nomor Byson di depan blok mesin, solusi lain buat tampil lebih gaya

Masbro sekalian, posisi dudukan plat nomer Byson bawaan pabrik memang ngga enak dilihat. Tampang Byson jadi kaya’ anak kecil sakit demam lagi dikompres. Beberapa rekan pengguna Byson sudah banyak yang bikin solusinya dengan membuat dudukan plat nomer di bawah headlamp, sama seperti V-ixion. Tapi jika ngga pas, bisa2 mentok spakbor, soalnya kaki depan Byson terbilang pendek. Ada juga yang bikin dibawah headlamp cuma agak ke depan. Cukup ok sih, tapi saya pribadi kurang suka. Disamping memotong cahaya lampu bagian bawah, tampilannya juga kurang enak dilihat. Seperti ada spakbor diatas spakbor.

Kali ini saya mau berbagi kepada masbro semua cara membuat dudukan plat nomer di depan blok mesin. Terinspirasi dari Byson milik rekan blogger Mas Iwan Banaran & rekan Byonic mantan penunggang Byson, Bro Philadelphians. Penempatan plat nomer disini dijamin aman, ngga bikin mesin panas, karena tidak menutupi YRCS. Tapi saya ngga jamin aman dari polisi ya. Klo yg itu sih insyaallah aja deh. Langsung aja, berikut skemanya.

Skema dudukan plat nomer Byson

Btw, ukuran dalam skema tersebut saya hitung kasar lho. Pada pengerjaannya tetap ada penyesuaian lagi. Klo ternyata ada perbedaan pada ukuran sebenarnya harap maklum, monggo disesuaikan aja. Pertama2, bahan2 yang masbro butuhkan adalah sebagai berikut:

  • Seng. Masbro bisa ambil dari plat nomer bekas atau yang lebih tebal. Atau masbro bisa pakai bahan dasar pembuat plat nomer yg bisa masbro beli di tukang bikin plat nomer duplikat. Cuma 15ribu sepasang. Sebenernya 1 juga cukup, tapi klo mau didobel biar lebih kuat lebih baik.
  • Gunting seng, atau pake gunting biasa juga bisa, tapi yang ukuran besar.
  • Kunci pas ukuran no. 10.
  • Pensil & penggaris.
  • Tang, palu & paku ukuran besar.
  • Double tape busa.
  • Baut ukuran 10 + ring & mur, 2 buah.

Bahan dasar pembuat plat nomer, cuma 15ribu sepasang

 

Klo udah siap, yuk mulai kita kerjain.

  • Pertama, kita gambar dulu pola sesuai skema diatas seng dengan menggunakan pensil dan penggaris.
  • Kalau sudah, potong seng mengikuti pola dengan menggunakan gunting.
  • Buat lubang ditempat yang bertanda lingkaran dengan palu & paku. Ukuran lubang sesuai dengan ukuran baut 10.
  • Tekuk batas bagian B & C (garis putus2) ke belakang kurang lebih sebanyak 60-70°.
  • Tekuk batas bagian C & D ke depan sebanyak 90-100°.
  • Lapisi setiap lubang dengan double tape. Fungsi double tape ini nantinya sebagai peredam getaran antara plat dengan dudukannya serta dudukan dengan bodi Byson.
  • Buat garis melintang di bagian atas plat nomer dengan jarak kira2 2cm, kemudian tekuk bagian atasnya ke belakang dengan menggunakan palu/tang. Ini untuk mencegah bagian atas plat nomer bergesekan dengan kabel lampu.
  • Lubangi plat nomor sesuai dengan posisi lubang di bagian A. Usahakan posisi bagian bawah plat sejajar dengan bagian bawah dari bagian B, supaya plat nomer ngga menutupi YRCS.
  • Pasang plat nomer, kencangkan dengan baut ukuran 10 tadi.
  • Buka baut pengencang kisi2 shroud Byson, pasang dudukan plat nomor, kencangkan lagi bautnya.

Dudukan plat nomer buatan sendiri udah jadi

 

Udah jadi deh dudukan plat nomer DIY! (Do It Yourself). Jangan lupa sedia antiseptik & plester, kadang motong seng bisa bikin tangan luka.

Kalo masbro mau yang lebih kokoh, masbro bisa minta bikinin sama tukang las dengan bahan yang lebih tebal, besi tempa atau alumunium misalnya. Tentu biayanya lebih mahal. Setelah bikin yg versi seng, saya coba bawa desainnya ke tukang las buat dibikinin versi tebalnya. Biayanya sekitar 50ribuan. Bahan yg dipakai besi untuk bikin pagar. Pengerjaannya makan waktu 1 jam, ditambah nunggu catnya kering total jadi 2 jam. Kalo pake bahan yg tebal, baut kisi2 shroud harus diganti dengan yang lebih panjang.

Biarkan tukang las berkarya

Dudukan versi tukang las udah jadi

Tampak samping

Agak miring dikit

 

Berhubung pemasangan plat nomer disini bikin plat nomer jadi ngga keliatan (terutama klo masbro masuk parkiran gedung seperti mall), saya sarankan masbro bikin tulisan plat nomer pake stiker di batok headlamp bagian atas, supaya mempermudah orang yang ngeliatnya.

Stiker tulisan plat nomer di batok lampu

 

Gitu aja sharing saya masbro. Terserah masbro mau bikin yg versi mahal atau yg versi  “hemat beb!” :D. Semoga berguna. Klo masbro berkenan, monggo link page ini dishare ke pemilik ke Byson yang lain. Tapi desain saya ini jangan dikomersilin a.k.a dijadiin bahan buat jualan ya.

Selamat mencoba!

About these ads

17 thoughts on “Dudukan plat nomor Byson di depan blok mesin, solusi lain buat tampil lebih gaya

  1. kira kira bakalan mempengaruhi pendinginan sirip blok mesinya Nggak Bro..
    Kok kliaatanya nutupin/ menghalangi masuuknya angin dari depan ke head si Byson Maz Bro..CMIIW..

    • harusnya sih ngga ya masbro. Soalnya posisi plat nomernya sendiri ngga tegak lurus, tapi miring sekitar hampir 45°. Baru dipake 2 hari sih, so far belum ada kendala.

    • ya ampun… Belom juga pak? Udah berapa bulan btw? Kebo saya aja udah lebih dari 1 bulan dirumah. Sing sabar yo pak. Insyaallah puas pas udah sampe.

  2. Pingback: Ubah dudukan plat nomor Byson (lagi) yuk! « SPACE? Romantic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s